Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tol Becakayu Jakasampurna-Marga Jaya Bisa Dilintasi Mulai Besok

Uji coba dilakukan usai terbitnya izin pengoperasian jalan tol berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Seksi 2A dan 2A Ujung Ruas Jakasampurna-Marga Jaya.

"Dengan adanya izin pengoperasian tersebut, rencananya akan dilakukan uji coba operasi ruas Jakasampurna-Marga Jaya sepanjang 4,88 kilometer mulai tanggal 24 Maret 2023," ungkap Direktur Keuangan & Manajemen Risiko PT Waskita Toll Road (WTR) Edie Rizliyanto dalam keterangannya, Kamis (23/3/2023).

Selama periode uji coba tersebut, pengguna jalan tol akan dikenakan tarif lama sebesar Rp 14.000 untuk Golongan I jenis kendaraan mobil, sedan, bus, pick up dan truk kecil.

Uji coba yang dilakukan merupakan rangkaian sosialisasi penyesuaian tarif Jalan Tol Becakayu yang semula menggunakan sistem terbuka dengan 1 tarif (single tariff) menjadi sistem terbuka 4 empat zonasi tarif.

Maka usai periode sosialisasi dan uji coba, Jalan Tol Becakayu sepanjang 16,78 kilometer tersebut akan beroperasi secara penuh dengan menggunakan sistem 4 zonasi tarif. Rencananya sistem ini berlaku mulai April 2023 mendatang.

"Perubahan tarif Tol Becakayu diharapkan dapat menyeimbangkan antara panjang perjalanan rata-rata tempuh pengguna jalan tol dengan besaran tarif tol, sehingga pengguna jalan akan membayar sesuai dengan 4 zona asal dan tujuan," ungkapnya.

Pengguna jalan tol dari arah Bekasi yang masuk melalui Gerbang Tol (GT) Marga Jaya 2 dan keluar melalui exit Tol Pondok Kelapa, Jatiwaringin, Cipinang dan Jalan D.I. Panjaitan akan dikenakan tarif zona 4.

Tarif zona 3 akan berlaku pada pengguna jalan yang masuk melalui GT Jakasampurna dan keluar pada exit tol tersebut.

Sedangkan pengguna jalan tol dari arah Bekasi yang masuk melalui GT Pondok Kelapa 2 dan GT Jatiwaringin 2 menuju Jakarta masing-masing akan dikenakan tarif zona 2 dan 1.

Bagi pengguna jalan tol dari arah Jakarta yang keluar pada GT Jatiwaringin 1, GT Pondok Kelapa 1, GT Bintara Jaya, dan GT Marga Jaya 1 masing-masing akan dikenakan tarif zona 1, 2, 3, dan 4.

Edie menuturkan, Jalan Tol Becakayu menjadi alternatif bagi pengguna jalan yang ingin menghindari kepadatan lalu lintas bagi pengguna jalan dari Jakarta menuju Bekasi maupun sebaliknya.

Ia pun meyakini, pengoperasian Seksi Jakasampurna-Marga Jaya tersebut akan memberikan dampak positif terhadap masyarakat.

"Melalui Jalan Tol Becakayu, pengguna jalan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan yang sebelumnya dapat mencapai 60 menit, kini dapat ditempuh dalam kurun waktu 20-30 menit,” tutupnya.

https://money.kompas.com/read/2023/03/23/190500326/tol-becakayu-jakasampurna-marga-jaya-bisa-dilintasi-mulai-besok

Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke