Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sepanjang 2022, Perusahaan Jepang di RI Serap Ribuan Pekerja Magang

Koordinator Komite Pertimbangan Pengembangan SDM JJC, Akihisa Matsuda mengatakan, sepanjang 2022 perusahaan Jepang anggota JJC di Indonesia tercatat menerima 5.000 pekerja magang yang sebanyak 4.500 pekerja diterima bekerja di perusahaan manufaktur.

"Hasil penelitian ini merupakan pertama kalinya kami menyelidiki secara kuantitatif tentang kontribusi perusahaan Jepang terhadap pengembangan SDM di Indonesia," katanya melalui keterangan pers, Senin (03/04/2023).

"Banyak pencari kerja berharap dengan mengikuti program magang di perusahaan Jepang, mereka akan memperoleh keterampilan yang diperlukan di pasar tenaga kerja,” lanjutnya.

Laporan ini melibatkan 166 perusahaan Jepang di Indonesia, yang mana sebanyak 109 perusahaan adalah perusahaan manufaktur. Sementara anggota JCC sendiri ada 700 perusahaan.

JJC berharap laporan ini tidak hanya akan berkontribusi pada diseminasi best practice terkait pengembangan SDM di antara anggota JJC, tetapi juga menggerakkan pemerintah Indonesia dan Jepang untuk mewujudkan lingkungan bisnis yang lebih baik dan membantu.

JJC juga telah membuat manual atau buku panduan pemagangan dan mengadakan sesi pengarahan bagi perusahaan untuk menggunakan sistem Magang, dan akan terus mendukung upaya perusahaan Jepang dalam pengembangan SDM di Indonesia.

https://money.kompas.com/read/2023/04/03/143216426/sepanjang-2022-perusahaan-jepang-di-ri-serap-ribuan-pekerja-magang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke