Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mau Mudik Naik Pesawat? Cek Promo Tiket Garuda, Lion Air, dan Super Air Jet

Terlepas dari isu tiket mahal jelang Lebaran, pemerintah telah merayu berbagai operator transportasi untuk memberikan tarif promo untuk keberangkatan sebelum tanggal puncak mudik 19 April 2023.

Beberapa waktu lalu Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi merayu para operator transportasi agar bersedia memberikan diskon tarif selama Lebaran 2023.

Dia bilang, beberapa operator sudah menyatakan untuk ikut memberikan diskon tiket selama lebaran setelah dihubungi olehnya.

"Perjalanan itu seyogyanya dilakukan lebih awal. Saya telepon penerbangan, saya telepon juga ke bus, saya telepon ke beberapa tempat," ujarnya saat FGD Mudik Aman Berkesan di Hotel Santika, Jakarta, Kamis (6/4/2023).

Pasalnya, kata Menhub, diskon harga tiket ini berguna untuk memancing para pemudik agar mau melakukan perjalanan mudik sebelum dan sesudah puncak arus mudik.

Dengan demikian, jumlah pemudik saat puncak arus mudik dapat berkurang sehingga arus lalu lintas menjadi tidak menumpuk pada puncak mudik 19 April dan puncak arus balik 25 April.

Saat ini operator jalan tol PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan sejumlah maskapai penerbangan seperti Garuda Indonesia, Citilink, hingga Lion Air sudah memberikan diskon tarif selama Lebaran 2023.

Khusus untuk tiket pesawat, sejumlah maskapai telah memberikan diskon tarif berupa promo untuk rute-rute dan tanggal keberangkatan tertentu.

Lantas, apa saja promo tiket pesawat murah untuk perjalanan mudik Lebaran?

1. Garuda Indonesia

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk memberikan promo tiket pesawat hingga 55 persen bagi masyarakat yang akan berlebaran ke Jakarta.

Promo spesial ini diselenggarakan sejak 3 Maret 2023 hingga 1 Mei 2023 mendatang untuk tanggal keberangkatan hingga 1 Mei 2023. Artinya, kamu bisa menggunakan promo ini untuk membeli tiket pesawat mudik dan balik mudik.

Adapun sejumlah harga spesial mulai dari Rp 700.000an untuk satu kali penerbangan ke Jakarta yang ditawarkan pada program ini antara lain:

- Semarang–Jakarta mulai dari Rp 700.000an.
- Bali–Jakarta mulai dari Rp 1,4 jutaan.
- Medan–Jakarta mulai dari Rp 1,7 jutaan.
- Padang–Jakarta mulai dari Rp 1,5 jutaan.
- Surabaya–Jakarta mulai dari Rp 1,1 jutaan.
- Lombok–Jakarta mulai dari Rp 1,4 jutaan.
- Palu–Jakarta mulai dari Rp 1,7 jutaan.
- Yogyakarta–Jakarta mulai dari Rp 900.000an.
- Makassar–Jakarta mulai dari Rp 1,6 jutaan.

Untuk mendapatkan berbagai promo tiket pesawat Garuda tersebut, kamu dapat mengakses platform digital Fly Garuda, microsite https://www.garuda-indonesia.com/id/id/special-offers/sales-promotion/lebaran_ke_jakarta ataupun melalui kantor penjualan Garuda Indonesia.

Selain promo tiket pesawat untuk beragam rute, maskapai pelat merah ini juga memberikan promo diskon hingga 80 persen khusus untuk prepaid baggage atau excess baggage bagi para pengguna jasa yang akan membawa bagasi lebih pada jadwal penerbangan hingga 31 Desember 2023 yang berlaku pada seluruh penerbangan internasional dan rute domestik.

Garuda juga menawarkan promo lainnya khusus bagi seluruh para anggota Garuda Miles, yakni diskon hingga 50 persen untuk beberapa rute domestik dengan menukarkan miles menjadi award tiket.

2. Lion Air

PT Lion Mentari Airlines (Lion Air) memberikan berbagai diskon menarik bagi pemudik yang ingin mudik lebih awal pada 13-17 April 2023.

Promo tiket pesawat Lion Air ini tersedia harga diskon, khusus keberangkatan dari Jakarta secara langsung dan tidak berlaku rute transit yang dilayani oleh Lion Air, untuk tujuan paling diminati ke:

- Bandara Internasional Soekarno-Hatta-Bandara Internasional Juanda Surabaya Rp 595.000.
- Bandara Internasional Soekarno-Hatta-Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang Rp 338.000.
- Bandara Internasional Soekarno-Hatta-Bandara Internasional Yogyakarta Kulonprogo (YIA) Rp 360.000.
- Bandara Internasional Soekarno-Hatta-Bandara Internasional Supadio di Kubu Raya Pontianak Rp 428.000.

Harga promo tersebut mulai dari untuk satu kali jalan dan belum termasuk PPN 11 persen, Iuran Wajib Jasa Raharja (IWJR), passenger service charge atau pajak bandara, dan biaya tambahan yang dibebankan pada tiket pesawat udara terhadap kenaikan harga bahan bakar (fuel surcharge) serta ketersediaan kursi terbatas.

Promo ini berlaku untuk pembelian tiket penerbangan mulai 6-17 April 2023 dan periode terbang pada 13-17 April 2023.

Pembelian promo tiket pesawat Lion Air dapat dilakukan melalui situs resmi www.lionair.co.id , aplikasi mobile Lion Air atau melalui agen-agen tiket resmi mitra Lion Air.

3. Super Air Jet

Super Air Jet memberikan promo tiket mudik lebih awal untuk keberangkatan 13–17 April 2023.

Adapun rutenya dari Terminal 1A Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke tiga tujuan destinasi favorit, yaitu:

- Jakarta-Palembang Rp 394.000
- Jakarta-Solo Rp 501.000.
- Jakarta-Lombok Rp 712.000.

Promo tiket mudik ini berlaku untuk satu kali perjalanan, ketersediaan kursi terbatas, belum termasuk iuran wajib Jasa Raharja (IWJR), PPN 11 persen, pajak bandara (passenger service charge/PSC), serta penyesuaian biaya terhadap fluktuasi harga bahan bakar avtur (fuel surcharge).

Kamu bisa membeli promo tiket Super Air Jet di website resmi www.superairjet.com, ticketing office, maupun melalui mitra perjalanan online dan offline.

https://money.kompas.com/read/2023/04/10/080800926/mau-mudik-naik-pesawat-cek-promo-tiket-garuda-lion-air-dan-super-air-jet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke