Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Asuransi Tradisional Tumbuh Lebih Baik di Tengah Penerapan Peraturan Baru Unit Link

Meskipun demikian, produk unit link disebut tetap akan menjadi produk andalan perusahaan asuransi, meski porsinya tidak sebesar dulu.

Presiden Direktur PT Asuransi Jiwa Sinarmas MSIG Tbk (Sinarmas MSIG Life) Wianto Chen menuturkan, penurunan produk asuransi unitlink tahun lalu disebabkan oleh adanya penurunan premi single premium.

Sementara, penurunan produk unitlink tahun ini mungkin akan dipengaruhi oleh adanya pegeseran tingkah laku konsumen.

"Tahun 2023 itu mungkin unit link akan shifting sedikit di bawah 50 persen, sisanya tradisional. Meski perusahaan mengeluarkan produk unitlink, tapi proses penjualan (unitlink) tidak mudah," ujar dia dalam acara Sinarmas MSIG Life 38th Anniversary - The Launch of My Health Risk Score, Kamis (13/4/2023).

Ia menambahkan, komposisi produk di Sinarmas MSIG Life sendiri sampai dengan kuartal I-2023 didominasi oleh produk tradisional sebesar 70 persen.

Padahal, pada tahun lalu, produk unitlink masih mendominasi sebesar 75 persen dari segi perolehan premi.

"Rumus shifting itu kalau tidak siap dengan produk tradisional, nanti tidak bisa tampung," imbuh dia.

Rencananya, Sinarmas MSIG Life akan meluncurkan produk single premium, reguler premium, dan 6 asuransi tambahan (riders).

Ia berharap, dengan produk ini, persentase produk unitlink dapat tumbuh di dalam portofolio perusahaan.

"Mudah-mudahan setelah kita launch, itu akan bounce sedikit. Tapi perkiraan saya itu 50 banding 50. Kalau mau seperti dulu itu tidak mungkin, kalau di bawah 50 mungkin bisa," tandas dia.

https://money.kompas.com/read/2023/04/14/161500526/asuransi-tradisional-tumbuh-lebih-baik-di-tengah-penerapan-peraturan-baru-unit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke