Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Bijak Menggunakan Paylater untuk Kebutuhan Lebaran

Penggunaan paylater memang dapat memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi, tetapi jika tidak digunakan dengan bijak dapat berakibat buruk pada keuangan.

Perencana Keuangan sekaligus Head of Advisory & Investment Operations PINA Rista Zwestika mengatakan, masyarakat perlu membuat anggaran belanja yang realistis sebelum memutuskan menggunakan paylater.

"Dengan mengetahui batas maksimal belanja yang dapat Anda lakukan, maka Anda dapat membatasi penggunaan paylater dengan bijak," ujar dia kepada Kompas.com, Jumat (14/4/2023).

Ia menambahkan, masyarakat diharapkan dapat menggunakan paylater hanya untuk membeli barang yang benar-benar diperlukan.

Pun, Rista berpesan, pastikan masyarakat yang menggunakan paylater dapat membayar tagihan sesuai dengan waktu yang ditentukan.

"Jangan sampai tagihan tersebut menumpuk dan memberatkan keuangan Anda di masa depan," imbuh dia.

Selain itu, masyarakat harus memeriksa ulang setiap pembelian yang dilakukan dengan paylater. Hal ini berguna untuk menghindari adanya kesalahan atau kebocoran data pribadi.

Masyarakat juga diharapkan tidak tergoda untuk menggunakan fitur paylater dengan bunga rendah atau tanpa bunga sama sekali.

"Hal itu bisa membuat Anda terjerumus dalam penggunaan paylater yang tidak terkontrol," tandas dia.

https://money.kompas.com/read/2023/04/14/174000526/tips-bijak-menggunakan-paylater-untuk-kebutuhan-lebaran

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke