Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Berburu Kacamata di Pusat Perbelanjaan Senen Jaya 1 dan 2

Kompas.com - 27/05/2024, 19:19 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com – Pusat perbelanjaan Senen Jaya 1 dan 2 jadi salah satu tempat paling diingat bila masyarakat ingin mencari kacamata dengan harga miring. Tempat ikonik seluas 4.000 meter persegi ini berisi ratusan kios kacamata untuk kebutuhan kesehatan ataupun gaya.

Di sana, model kacamata bermerek (branded), baik lokal maupun global bebas dipilih masyarakat. Bahkan, pebisnis kacamata pun banyak yang mengambil produk dari tempat tersebut untuk dijual lagi.

Lewat Instagram @senenjayaofficial, beragam informasi diberikan. Banyak kios menawarkan paket frame dan lensa mulai harga Rp 100.000.

Dikenal lewat media sosial

Adapun salah satu toko grosir kacamata di Pusat Perbelanjaan Senen Jaya Blok 1 dan 2 yang tokonya selalu ramai pembeli adalah Hanafi.TR. Toko ini terletak di lantai satu dekat eskalator atau tak jauh dari area lobi barat.

Baca juga: Pusat Grosir Senen Jaya Blok I & II Sediakan 1.693 Unit Kios, Tertarik Menyewa?

Ribuan kacamata berjejer di bagian luar dan dalam toko. Toko optik ini menjadi terkenal di media sosial TikTok dan Instagram karena harganya yang sangat murah tapi kualitasnya boleh diadu. Toko itu menjual kacamata hanya dengan harga Rp 150.000 saja untuk frame plus lensa minus.

Toko juga menyediakan beragam lensa, mulai bluechromic, photochromic hingga lensa blueray.

“Harganya bisa ditawar, asal enggak kebablasan,” kata salah satu staf penjualnya, Senin (27/5/2024).

Berjalan ke dalam lagi, pengunjung akan menjumpai berbagai gerai dengan etalase bertumpuk kacamata. Seperti biasa, harga yang ditawarkan cukup bersahabat. D&S Optikal di blok D6, lantai 1, misalnya, menawarkan ribuan model frame kacamata mulai dari aviator, pantos, round, shield, square, wayfarer, mirrored, butterfly, cat eye, dan clubmaster.

“Kami juga terima resep dokter,” ucap salah seorang penjaga.

Untuk harga, apa pun kiosnya, bisa ditawar. Jadi harga beli akan bergantung pada kemampuan menawar. Meski demikian, para penjaga bilang, bahwa harga pagi biasanya lebih rendah dibandingkan waktu lain.

“Hitung-hitung (untuk) penglaris,” tambahnya.

Untung buat penjual dan pembeli

Pusat Grosir Kacamata Senen Jaya Blok 1 dan 2 nyaris tak pernah sepi pengunjung. Sebagai ikon kota, pasar ini kerap jadi jujugan para pehobi kacamata, barang fesyen, atribut partai, dan aksesori lainnya. Itu sebabnya, para pemilik kios rata-rata puas berjualan di sini.

Baca juga: Hampir Rampung, Pusat Grosir Senen Jaya Serah Terima Unit Maret 2023

“Dibandingkan tempat grosir lain di Jakarta, di sini pengunjungnya lebih ramai. Di sini saya bisa dapat Rp 5-10 juta per hari. Kalau tanggal muda, (hasil penjualan bisa) lebih gede lagi,” ujar salah satu penjual.

Dia mengaku bahwa tempat itu paling ramai dikunjungi pada pukul 10.00 - 17.00 WIB. Di luar jam itu, banyak koleksi kacamata yang sudah terjual dan kios ditutup pemiliknya.

“Padahal di Tangerang juga banyak (yang jual kacamata). Tapi, di sini harganya lebih murah, pilihannya juga macam-macam,” kata salah seorang pengunjung asal Tangerang Selatan, Adeyanti (24).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com