Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dirut Garuda Tegaskan Tak Pernah Larang Pramugari Berjilbab

"Garuda tidak pernah melarang awak kabin kami menggunakan jilbab," ujarnya dalam media briefing di Jakarta, Jumat (14/4/2023).

Menurutnya, memakai jilbab atau tidak merupakan pilihan dari pramugari itu sendiri. Oleh sebab itu, ketika banyak yang memilih tak memakai jilbab, maka nampak jarang terlihat pramugari Garuda Indonesia yang memakai jilbab.

"Karena itu pilihan yang dilakukan oleh para pramugari, kita memang jarang melihat yang berjilbab," imbuh dia.

Irfan memastikan, saat ini sudah banyak pramugari yang berjilbab. Namun, mereka yang berhijab tentu tidak akan ditugaskan pada penerbangan yang menyediakan minuman beralkohol guna menjaga akidah.

"Sekarang sudah banyak, kami persilahkan. Hanya kami minta mereka untuk sama-sama menjaga akidah, kami tidak akan menugaskan mereka pada penerbangan yang masih menyediakan minuman beralkohol," jelas dia.

Sebelumnya, isu larangan pramugari memakai jilbab mencuat beberapa waktu belakangan.

Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Gerindra Andre Rosiade dalam rapat kerja dengan Menteri BUMN Erick Thohir sempat meminta untuk Garuda Indonesia tidak melarang pramugarinya yang Muslim mengenakan jilbab saat bertugas di kabin pesawat.

"Saya ingin Pak Menteri eksekusi segera kebijakan (yang mengizinkan) penggunaan jilbab bagi pramugari yang ada di Garuda karena saat ini aturan kebijakannya sudah hampir final,” katanya dalam rapat kerja di DPR RI, Jakarta, Senin (13/2/2023) lalu.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengaku merasa aneh terkait informasi yang mengatakan adanya maskapai penerbangan di Indonesia yang melarang pramugari mengenakan hijab saat bertugas.

"Jadi kalau ada larangan berjilbab agak aneh, saya kira kita cek lagi, perlu diteliti itu," kata Wapres Ma'ruf Amin dikutip dari Antara, Sabtu (4/2/2023).

https://money.kompas.com/read/2023/04/15/090000026/dirut-garuda-tegaskan-tak-pernah-larang-pramugari-berjilbab

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke