Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Transfer Uang Tanpa Rekening, Mudah dan Cepat

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak cara transfer uang tanpa rekening yang dapat dilakukan dengan mudah. Masyarakat dapat mengirim uang ke orang tua, saudara, atau kerabat tanpa rekening bank melalui berbagai layanan.

Seperti diketahui, aktivitas mengirim uang sudah menjadi kegiatan masyarakat sehari-hari. Umumnya, cara transfer uang dilakukan melalui mesin ATM, mobile banking, atau internet banking. 

Hanya saja, cara-cara tersebut mengharuskan pengirim memiliki rekening bank terlebih dahulu. Lantas, bagaimana cara transfer uang tanpa rekening atau selain lewat bank? 

Saat ini, ada beberapa layanan keuangan yang memudahkan masyarakat dalam mengirimkan uang. Misalnya, transfer uang melalui e-wallet atau dompet digital seperti GoPay, OVO, DANA, dan LinkAja. 

Selain itu, cara transfer uang tanpa rekening juga dapat dilakukan di minimarket seperti Alfamart dan Indomaret. 

Pilihan lainnya untuk melakukan transfer uang tanpa rekening adalah melalui Agen Bank seperti BRILink dari Bank BRI, Agen46 dari Bank BNI, atau Mandiri Agen dari Bank Mandiri. 

Nah, berikut ini beberapa cara transfer uang tanpa rekening yang bisa menjadi pilihan. 

Cara transfer uang tanpa rekening

1. Aplikasi dompet digital atau e-wallet

Pertama, cara transfer uang tanpa rekening atau selain lewat bank adalah melalui aplikasi e-wallet. Aplikasi pembayaran digital seperti GoPay, OVO, DANA, LinkAja, dan lainnya menyediakan fitur transfer uang ke akun dompet digital maupun akun rekening.

Anda hanya perlu menghubungkan akun bank atau kartu kredit/debit ke aplikasi tersebut dan dapat mentransfer uang dengan cepat dan aman.

Pastikan Anda sudah mengetahui akun e-wallet penerima maupun akun rekening yang difasilitasi lewat aplikasi tersebut.

Sebagai contoh, jika Anda ingin transfer uang melalui GoPay, maka Anda harus meng-upgrade akun ke GoPay Plus terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa melakukan transfer uang ke rekening bank maupun ke sesama pengguna GoPay.  

Cara transfer GoPay ke rekening bank

Cara menambahkan akun bank

  • Klik Bayar pada menu GoPay.
  • Lalu pilih ke rekening bank untuk transfer saldo GoPay.
  • Pilih Transfer instan ke rekening baru.
  • Pilih bank tujuan yang diinginkan.
  • Masukkan nomor rekening baru.
  • Pilih nama pemilik rekening dan klik Lanjut.
  • Masukkan jumlah nominal uang yang akan dikirimkan.
  • Pastikan jumlah transfer atau pengiriman saldo sudah benar. Klik Konfirmasi untuk melanjutkan dan masukkan PIN Anda.
  • Transfer atau pengiriman saldo ke rekening bank berhasil.
  • Anda akan melihat rincian transfer.

Cara kirim saldo GoPay

2. Minimarket

Masyarakat bisa memanfaatkan layanan transfer uang melalui minimarket seperti Indomaret maupun Alfamart. Biaya admin untuk transfer uang di minimarket pun cukup murah, mulai Rp 2.500-10.000 saja.

Cara transfer uang tanpa rekening di Indomaret

Adapun bagi penerima yang ingin ambil uang dari pengirim, bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Siapkan kode transfer yang diberikan oleh pengirim.
  • Kunjungi Indomaret terdekat.
  • Antre ke kasir Indomaret.
  • Beri tahu ke kasir untuk pengambilan uang.
  • Tunjukkan bukti transfer dan kode MTCN ke kasir.
  • Tunggu proses pencairan uang.
  • Penerima tidak perlu bayar admin kirim uang lewat Indomaret.

Sebagai catatan, pengirim yang menerima kode MTCN dari kasir memiliki masa berlaku 1 bulan.

Sehingga jika kode MTCN hilang, pengirim langsung lapor ke Customer Service TrueMoney (08041000100). Siapkan juga bukti pengiriman dan kartu identitas saat transfer uang lewat Indomaret.

Adapun cara transfer uang lewat Alfamart juga tidak jauh berbeda dengan cara transfer uang di Indomaret. Anda hanya perlu menyiapkan kartu identitas, nomor HP, dan sejumlah uang yang akan dikirim. Nantinya, petugas akan membantu proses transfer uang tanpa rekening. 

3. Agen Bank

Layanan dari BRILink dari Bank BRI, Agen46 dari Bank BNI, atau Mandiri Agen dari Bank Mandiri bisa menjadi solusi masyarakat yang ingin transfer uang.

Agen tersebut menerima berbagai transaksi melalui bantuan EDC termasuk transfer uang tanpa rekening. Sehingga masyarakat hanya membutuhkan nomor rekening tujuan atau penerima uang.

Biaya admin dari transfer uang melalui Agen Bank bervariatif dan terjangkau bergantung dari nominal uang. Pastikan setiap transaksi transfer uang selalu cek kembali nominal hingga nama terang penerima.

Pastikan untuk memilih metode yang paling aman, cepat, dan mudah digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Kantor Pos

Kantor pos juga dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mengirim uang. Layanan kirim uang tersebut kenal dengan sebutan layanan Wesel.

Layanan wesel sendiri terbagi menjadi 4 jenis yaitu Weselpos Instan, Weselpos Prima, Weselpos Transfer Tunai, dan Weselpos Korporat/Kemitraan. 

Jika Anda ingin mengirimkan uang dengan cepat, Anda bisa memilih Weselpos Instan. Sebab pengiriman Weselpos Instan adalah yang paling cepat dari jenis lainnya.

5. Layanan transfer uang online

Ada juga beberapa layanan transfer uang online seperti PayPal, TransferWise, dan lainnya yang dapat digunakan untuk mentransfer uang ke dalam atau ke luar negeri. Layanan ini memungkinkan Anda untuk mentransfer uang secara cepat dan mudah melalui internet.

6. Money transfer agent

Pilihan terakhir dari cara mengirim uang tanpa rekening adalah, Anda dapat menggunakan jasa agen transfer uang seperti Western Union, MoneyGram, dan lainnya.

Masyarakat dapat mengirim uang melalui agen transfer uang dan penerima dapat mengambil uang tersebut di lokasi yang telah ditentukan.

Misalnya, jika Anda ingin mengirim uang lewat Western Union, maka Anda hanya perlu mengunjungi gerai Western Union terdekat dan mengisi sejumlah dokumen.

Selanjutnya Anda akan mendapatkan kode rahasia yang nantinya perlu Anda kirimkan kepada penerima. Kode ini adalah syarat penerima dapat mengambil uang di Western Union negara tujuan.

Nah, itulah beberapa cara transfer uang tanpa rekening atau selain lewat bank dengan mudah.

https://money.kompas.com/read/2023/04/15/230155026/6-cara-transfer-uang-tanpa-rekening-mudah-dan-cepat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke