Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Grup Modalku Salurkan Pendanaan Senilai Rp 45 Triliun untuk 100.000 UMKM

Pendanaan tersebut disalurkan dalam 5,1 juta transaski UMKM di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Jumlah tersebut mencakup leih dari 100.000 UMKM.

Co-Founder dan CEO Modalku Reynold Wijaya mengatakan, selain pendanaan grup Modalku juga menawarkan pembayaran (payment) dan collect payment yang dapat digunakan UMKM untuk menewima pembayaran dari pelanggan.

Sejak menjalankan bisnis pembayarannya, Grup Modalku mencatat pertumbuhan pada nilai transaksi bruto (GTV) dari tahun ke tahun sebesar tiga kali lipat pada produk Elevate di Singapura dan Malaysia.

"Tahun 2022 merupakan tahun yang penting bagi Grup Modalku di tengah kondisi makro yang tidak menentu," ujar dia dalam keterangan resmi, Selasa (18/4/2023).

Ia menerangkan, pada tahun 2022 pihaknya telah meraih pendanaan Seri C+ dan menerima fasilitas kredit pertama dari HSBS senilai 50 dollar AS atau sekitar Rp 737 miliar.

Modalku juga memasuki industri pembayaran bersama CardUp. Menurut Reynold, akuisisi CardUp sebagai layanan pembayaran (payments) bagi UMKM jadi salah satu tonggak penting.

Saat ini, Grup Modalku bersama CardUp sedang mengembangkan platform keuangan digital terpadu bagi UMKM.

Grup Modalku juga memperkenalkan Elevate sebagai solusi pengeluaran bisnis yang dilengkapi dengan fasilitas kredit.

UMKM dapat menikmati akses kredit lebih cepat dengan proses persetujuan pengajuan hanya membutuhkan waktu satu hari kerja.

Sejak meluncurkan Elevate di Singapura, Grup Modalku telah melayani hampir 2.000 UMKM yang menjadikan Elevate sebagai kartu korporat pertama mereka.

Saat ini, industri UMKM yang menggunakan produk Elevate bergerak di sektor perdagangan besar dan eceran, informasi dan komunikasi, layanan profesional, ilmiah dan teknis, konstruksi, serta manufaktur.

"Saat ini Grup Modalku juga sedang menjajaki potensi untuk memperkenalkan produk Elevate di negara lain," tandas dia.

https://money.kompas.com/read/2023/04/18/105212526/grup-modalku-salurkan-pendanaan-senilai-rp-45-triliun-untuk-100000-umkm

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke