Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Malaysia Benarkan Indomie Rasa Ayam Spesial yang Ditarik adalah Produk Impor

Hal ini menyusul ditemukannya kandungan zat pemicu kanker atau zat karsinogenik oleh Departemen Kesehatan Taipei Taiwan dalam kedua produk tersebut.

Ditjen Kesehatan Kementerian Kesehatan Malaysia Datuk Muhammad Radzi Abu Hassan dalam sebuah pernyataan membenarkan bahwa mi Indomie Rasa Ayam Spesial itu didatangkan atau diimpor dari Indonesia.

Ia menjelaskan, produsen Mi Kari Putih Ah Lai sebenarnya sudah memenuhi standar kesehatan lokal, tapi ia tetap meminta penarikan produk itu demi keamanan.

"Kementerian Kesehatan memerintahkan pabrik untuk menarik secara sukarela mi instan yang kedaluwarsa pada 25 Agustus 2023 dari pasar lokal," ucap Radzi dikutip dari media Malaysia, The Star, Rabu (26/4/2023).

"Kementerian telah mengeluarkan perintah Hold, Test and Release untuk produk di semua titik masuk ke dalam negeri. Kementerian juga telah menginstruksikan perusahaan untuk secara sukarela menarik kembali produk tersebut dari pasar," kata Radzi.

Diberitakan sebelumnya, Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk Franciscus Welirang angkat bicara menanggapi ihwal dua produk mi instan dari Indonesia dan Malaysia yang dijual di Taipei Taiwan ditemukan mengandung zat pemicu kanker atau zat karsinogenik oleh Departemen Kesehatan Taipei.

Franciscus mengatakan, pada dasarnya sesuai prinsip perusahaanya, pihaknya selalu mengikuti persyaratan-persyaratan yang ditentukan oleh negara pengimpor sebelum mengirim produk.

Bahkan, lanjut dia, pihaknya juga patuh akan persyaratan dan ketentuan yang dikeluarkan oleh BPOM.

"Pada prinsipnya kita mengikuti prasyarat dan ketentuan BPOM dan juga standar Badan kesehatan negara pengimpor," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Selasa (25/4/2023).

Dia menuturkan, pihaknya masih akan terus menyelidiki atas temuan tersebut.

https://money.kompas.com/read/2023/04/27/073000326/malaysia-benarkan-indomie-rasa-ayam-spesial-yang-ditarik-adalah-produk-impor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke