Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dorong Peningkatan Produksi, PT Timah Siapkan Capex Rp 950 Miliar Tahun Ini

Sekretaris Perusahaan PT Timah, Abdullah Umar Baswedan mengatakan, anggaran belanja modal tersebut akan digunakan untuk memperbesar kapasitas produksi timah.

"Belanja modal tahun ini besarannya yang jelas salah satunya adalah untuk pembesaran kapasitas demand industri untuk support hilirisasi," kata Abdullah di Jakarta, Rabu (10/5/2023).

"Capex itu sampai ke anak perusahaan sekitar Rp 950 miliar. Kita konsern untuk memperbesar kapasitas produksi untuk hilirisasi," tambahnya.

Abdullah mengatakan, kaitannya capex itu juga merupakan sebagian dari efisiensi. Dia bilang saat ini, Capex memang sangat ketat, dan akan digunakan diutamakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan produksi.

"Memang dari holding juga sangat ketat untuk anggaran capex, jadi bener-benar digunakan yang relasinya kuat terhadap produksi," lanjut dia.

Melalui anggaran capex tersebut, produksi bijih timah milik PT Timah di 2023 ditargetkan mampu tumbuh 30 persen atau 26.000 hingga 27.000 ton. Abdullah mengatakan, di kuartal I tahun ini, produksi bijih timah mengalami penurunan akibat masalah cuaca.

"Kenapa kuartal I-2023 turun, karena kondisi cuaca, kan dari laut produksi kita lebih besar. Sekarang kita ada upaya mencapai perbaikan, seperti penambahan peralatan, dan termasuk membuka tambang baru," ungkap dia.

Sebagai informasi, pada kuartal I-2023, produksi bijih timah TINS mengalami penurunan 8 persen menjadi 4.139 ton dibanding periode sama tahun sebelumnya sebesar 4.508 ton.

https://money.kompas.com/read/2023/05/11/124000526/dorong-peningkatan-produksi-pt-timah-siapkan-capex-rp-950-miliar-tahun-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke