Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Asuransi UMKM Shop Package Insurance, Apa Manfaatnya?

Shop Package Insurance memberikan perlindungan untuk bisnis UMKM termasuk asetnya, tanggung jawab hukum terhadap pengunjung dan masyarakat umum, proteksi kecelakaan kerja untuk karyawan, dan santunan kelangsungan bisnis.

Marketing Director GEGI Linggawati Tok menjelaskan, produk ini bertujuan membantu para pemilik UMKM mengembangkan bisnis jika bisnis terganggu oleh suatu kerusakan atau kerugian.

"Di era sekarang ini, kerusakan atau gangguan dalam operasinal bisnis UMKM dapat mengakibatkan kerugian yang besar. Bisnis saat ini juga harus menyadari luasnya risiko dari adanya tanggung jawab yang mungkin timbul baik dari kelalaian para pemilik UMKM ataupun kelalaian para karyawannya,” ujar dia dalam keterangan resmi, Senin (15/5/2023).

Untuk membantu mengurangi risiko-risiko tersebut, para pemilik UMKM dapat membeli produk Shop Package Insurance milik GEGI yang akan memberikan sampai dengan 7 jaminan dalam 1 produk asuransi.

Selain itu, produk Shop Package Insurance milik GEGI juga menjamin pencurian, kerusuhan, pemogokan, banjir, badai, tanah longsor, gempa bumi dan kerusakan akibat kecelakaan lainnya.

Kerusakan akibat kecelakaan lainnya melingkupi beberapa hal di bawah ini.

1 Penggantian perabot lama dengan yang baru (tanpa memandang usia)

2. Dokumen, catatan sistem komputer, barang pribadi karyawan, lukisan, karya seni, (sampai dengan Rp 10 juta per kategori)

3. Biaya akomodasi sementara (sampai dengan Rp 25 juta)

4. Biaya pembangunan kembali, seperti biaya arsitek dan pembersihan puing (sampai dengan 10 persen dari Harga Pertanggungan)

5. Barang pribadi pengunjung (sampai dengan Rp 10 juta).

"Hal ini akan memberikan peace of mind kepada pemilik UMKM dalam menjalankan usahanya jadi pemilik usaha bisa fokus untuk mengembangkan bisnisnya tanpa khawatir risiko yang dapat terjadi dan menggangu bisnis," tandas dia.

Sebagai informasi, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UMKM) mencatat, total UMKM di Indonesia tembus 8,71 juta unit usaha pada 2022.

https://money.kompas.com/read/2023/05/16/160000926/asuransi-umkm-shop-package-insurance-apa-manfaatnya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke