Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Online lewat Tokopedia

Meski begitu, untuk bayar pajak kendaraan bermotor secara online di Tokopedia, pemilik kendaraan harus melakukan registrasi di aplikasi SIGNAL terlebih dahulu untuk mendapatkan kode bayar. 

SIGNAL (Samsat Digital Nasional) merupakan serangkaian layanan Samsat yang terdiri atas pelayanan pengesahan STNK tahunan, pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB), dan pembayaran sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas jalan (SWDKLLJ).

Aplikasi SIGNAL memanfaatkan database kendaraan bermotor yang dimiliki Polri serta database induk kependudukan yang ada di Dirjen Dukcapil Kemendagri, serta sistem informasi pajak kendaraan bermotor yang dikelola oleh tiap-tiap Bapenda Provinsi.

Sistem ini diintegrasikan secara nasional sebagai sistem kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI) dengan memakai aplikasi untuk menyelenggarakan pelayanan secara digital kepada masyarakat.

Sistem pada SIGNAL memungkinkan untuk dilakukan verifikasi identitas pemilik kendaraan bermotor dengan mencocokkan wajah (face matching) pemilik kendaraan bermotor sesuai dengan data e-KTP di Kemendagri.

Lalu bagaimana cara bayar pajak kendaraan bermotor secara online di Tokopedia? 

Sebelum bayar pajak kendaraan bermotor di Tokopedia, pemilik kendaraan harus mendapatkan kode bayar dari aplikasi SIGNAL. 

Adapun cara penggunaan aplikasi SIGNAL mulai dari registrasi akun, memasukkan data kendaraan, hingga mendapatkan kode bayar bisa dilihat di sini. 

Cara bayar pajak kendaraan online via Tokopedia

Setelah berhasil mendapatkan kode bayar, berikut tahapan-tahapan atau cara bayar pajak kendaraan secara online lewat Tokopedia sebagaimana dikutip dari laman resminya: 

Selain itu, membayar pajak kendaraan juga bisa dilakukan melalui fitur E-Samsat online di Tokopedia. Berikut langkah-langkahnya:

Demikian informasi seputar cara bayar pajak kendaraan secara online di Tokopedia setelah mendapat kode bayar dari aplikasi SIGNAL atau aplikasi Samsat masing-masing daerah.

https://money.kompas.com/read/2023/05/27/131300626/cara-bayar-pajak-kendaraan-bermotor-online-lewat-tokopedia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke