Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Asbisindo: Perombakan "Mobile Banking" BSI Tak Jamin Aman Seluruhnya dari Kejahatan Siber

Perwakilan Asbisindo Katon Djoko Soekarsono mengatakan, peluncuran aplikasi hanya menjadi salah satu kanal untuk memperbaiki keamanan siber perusahaan. Sementara itu, masih banyak faktor lain yang perlu diperhatikan.

"Kalau aplikasi itu tidak secara keseluruhan, tapi hanya meningkatkan. Satu, meningkatkan bisnis itu sendiri. Kedua ada ketersinggungan berarti meningkatkan security-nya, tapi tidak secara keseluruhan karena adanya kompleksitas (sistem keamanan)," ujar dia ketika ditemui di Jakarta, Kamis (8/6/2023).

Katon menerangkan, pembaharuan aplikasi tidak serta merta meningkatkan keamanan perusahaan secara keseluruhan.

Hal ini mengingat keamanan perbankan meliputi banyak aspek seperti teknologi, SDM, dan proses. Dalam kaitannya dengan aplikasi, faktor tersebut melingkupi sistem manajemen, cash management system, sampai kaitannya dengan ATM.

Di sisi lain, pengembangan aplikasi baru juga bisa terkait dengan adanya sentuhan baru pada aplikasi, misalnya User Interface (UI) dan UX (User Experience).

Lebih lanjut, Katon bilang, serangan siber tidak dapat ditangkal hanya dengan satu cara saja. Untuk itu, ia mengimbau seluruh pelaku industri untuk melakukan asesmen sistem IT secara rutin.

"Tidak ada yang 100 persen mampu menangkis serangan siber. Perlu ada continuity terhadap itu tadi. Cek di asesmen reviu sistemnya, orang, hingga operasionalnya," imbuh dia.

Dari sisi SDM, Katon menjelaskan, perusahaan harus mulai mengurangi ketergantungan pada pihak ketiga atau vendor IT.

"Semakin ketergantungan kepada pihak ketiga, vendor akan semakin susah kontrolnya," tegas dia.

BSI sendiri mengalami gangguan layanan sejak 8-11 Mei 2023. Penyebab gangguan layanan ini ditengarai adanya serangan ransomware dari LockBit. Serangan tersebut terjadi di komputer-komputer cabang BSI.

BSI juga telah melakukan peremajaan manajemen dengan adanya direktur IT dan direktur Risk yang baru dari Bank Mandiri.

https://money.kompas.com/read/2023/06/08/164522526/asbisindo-perombakan-mobile-banking-bsi-tak-jamin-aman-seluruhnya-dari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke