Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Contoh Surat Resign Karyawan yang Baik dan Benar

Surat pengunduran diri diberikan kepada atasan maupun HRD (Human Resource Development) sebagai pemberitahuan bahwa karyawan ingin berhenti dari pekerjaan. 

Umumnya, surat pengunduran diri kerja ini diserahkan kepada perusahaan maksimal satu bulan sebelum resign. Ada juga perusahaan yang menerapkan aturan pemberitahuan resign harus disampaikan maksimal dua minggu sebelum tanggal mulai pengunduran diri. 

Lalu, bagaimana contoh surat pengunduran diri atau contoh surat resign yang baik dan benar? 

Ada banyak contoh surat pengunduran diri kerja yang bisa menjadi referensi. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menulis surat resign. 

Dilansir dari laman Gramedia.com, surat pengunduran diri harus ditulis dengan gaya bahasa yang formal, resmi, dan sopan. Selain itu, surat pengunduran diri juga tidak perlu ditulis terlalu panjang, harus memiliki alasan yang jelas, dan juga tujuan yang jelas.

Semua hal tersebut harus dilakukan agar Anda tetap memiliki kesan yang baik dan profesional meski nantinya Anda sudah meninggalkan perusahaan tersebut.

Contoh surat pengunduran diri

Berikut ini adalah beberapa contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar:

1. Contoh surat pengunduran diri karyawan pabrik

Surabaya, 20 Juli 2023

Kepada

Yth. Bapak X HRD PT Makmur Sejahtera

di Jalan Pahlawan, Surabaya

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama :

Jabatan : 

Nomor ID : 

Alamat : 

Bermaksud menyampaikan permohonan pengunduran diri sebagai (isi nama jabatan) di PT Makmur Sejahtera pada tanggal 20 Juli 2023. Saya memutuskan untuk tidak melanjutkan kontrak kerja dengan alasan permasalahan keluarga yang tidak bisa disebutkan.

Saya ucapkan terima kasih kepada PT Makmur Sejahtera yang telah memberikan kesempatan bekerja sekaligus belajar selama ini. Serta merangkul seluruh karyawan layaknya sebuah keluarga. Saya haturkan permohonan maaf apabila kinerja saya jauh dari kesempurnaan dan beberapa kali melakukan kesalahan.

Sekali lagi saya ucapkan terima kasih. Saya berharap PT Makmur Sejahtera semakin berkembang dan menjadi yang terbaik. Semoga manajemen dapat menerima permohonan pengunduran diri ini.

Hormat Saya,

TTD

(Nama Lengkap)

2. Contoh surat pengunduran diri karyawan bank

Bandung, 13 Juli 2023

‍Yth. Pimpinan KCP Bank .....

di Tempat

Di bawah ini yang bertanda tangan adalah:

Nama : 

Tempat Tanggal Lahir: 

Jabatan : 

Bermaksud ingin mengajukan permohonan mengundurkan diri dari jabatan tersebut di (nama bank/perusahaan). Alasannya adalah karena mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri.

Saya juga ingin meminta maaf jika selama bekerja ada banyak kesalahan. Terima kasih atas kepercayaannya selama ini sehingga saya bisa menjalankan pekerjaan dengan baik.

Demikian yang dapat saya sampaikan, atas perhatiannya disampaikan terima kasih.‍

Hormat saya,

TTD

(Nama Lengkap)

3. Contoh surat pengunduran diri CPNS

Hal : Permohonan Pengunduran Diri

Kepada Yth.

Menteri Komunikasi dan Informatika
di
Tempat

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama :
Nomor Peserta Ujian :
Jenis Kelamin :
Tempat, Tanggal Lahir :
Agama :
Pendidikan/Jurusan :
Alamat :

Dengan ini mengajukan permohonan pengunduran diri dari Calon Pegawai Negeri Sipil
Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun Anggaran 2022 untuk formasi jabatan
……………………………………………………………………..............................................
Adapun alasan saya adalah ……….........................................................……………
………………………………………………...……………………………………………………
………………..…………………………………………………………………….......................
............................................................................................................................................

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, tanpa ada paksaan dari pihak manapun.
Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

TTD dan Meterai

(Nama Lengkap)

4. Contoh surat pengunduran diri karyawan hotel

Jakarta, 23 Juni 2023

Kepada Yth.

Manajer Hotel Sentosa

di

Tempat

Salam Hormat,

Melalui surat ini, saya … (nama lengkap) dari … (jabatan atau divisi) berniat untuk mengajukan pengunduran diri dari Hotel Kenangan Mulya per tanggal … (minimal 30 hari sebelumnya). Saya memutuskan untuk berhenti bekerja karena alasan melanjutkan bisnis keluarga.

Saya ucapkan permohonan maaf apabila ada kata dan perbuatan yang kurang menyenangkan baik disengaja maupun tidak. Tidak lupa, saya ungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Hotel Kenangan Mulya atas kesempatan kerja selama ini. Semoga Hotel Sentosa semakin maju dan berkembang.

Demikian surat permohonan pengunduran diri ini saya sampaikan tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Hormat Saya,

TTD

(Nama Lengkap)

5. Contoh surat pengunduran diri bahasa Inggris

January 1st, 2022

Samuel Eto'o

CEO Mas Jawa Inc.

Jakarta

Dear Sir, It greatly saddens me to send you this letter of resignation. Effective the end of this month, I no longer will be working at Lingkar Senja Inc. as an Software Engineer.

I will be resigning due to a number of worsening health complications for some time and feel it would be best to focus on recovery. Unfortunately, it has become clear that I am unable to meet my duties and expectations as an Software Engineer. It is therefore in the best interest of all parties that I resign.

I have been very fortunate to be given the fantastic opportunities to grow and make lifelong friends during my time at Mas Jawa Inc. Thank you so much for your guidance and support during the last ten years.

Although I no longer can do the work I once could, I hope to remain a resource and that we will stay in touch. Thank you so much for all the opportunities, and I wish everyone at Mas Jawa Inc. the very best and your company is always growing.

Sincerely

Nah, itulah beberapa contoh surat resign atau contoh surat pengunduran diri kerja yang baik dan benar yang bisa menjadi referensi. 

https://money.kompas.com/read/2023/07/29/233628326/5-contoh-surat-resign-karyawan-yang-baik-dan-benar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke