Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
HILIRISASI INDUSTRI

Peringati Hari Buruh 2024, PT GNI Berikan Penghargaan Kepada Karyawan hingga Adakan Pertunjukan Seni

Kompas.com - 06/05/2024, 17:06 WIB
Yussy Maulia Prasetyani,
Sheila Respati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day 2024 di PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) menampilkan suasana yang lebih meriah dari tahun sebelumnya.

Pasalnya, tahun ini PT GNI tidak hanya mengadakan acara penghargaan bagi karyawan yang berprestasi, tetapi juga menyelenggarakan pertunjukan seni budaya yang diikuti oleh ratusan karyawan GNI.

Acara yang digelar di aula perusahaan PT GNI di Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah tersebut juga dihadiri oleh beberapa tokoh penting, seperti Bupati Morowali Utara Delis Julkarson Hehi dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Morowali Utara Yanis Lawaka.

Pada kesempatan itu, Kepala Disnakertrans Morowali Utara Yanis Lawaka mengapresiasi partisipasi para karyawan GNI dalam setiap rangkaian acara. Dia juga menekankan bahwa partisipasi aktif tersebut mencerminkan adanya hubungan harmonis antara perusahaan dan karyawan.

Baca juga: Berikan Pelatihan Keuangan untuk UMKM Lokal, PT GNI Bantu Perkuat Ekonomi di Morowali Utara

"Kami mengapresiasi acara May Day di PT GNI yang menunjukkan hubungan harmonis antara pengusaha dan pekerja. Perayaan kali ini melibatkan pekerja dalam setiap aspeknya. Semoga kegiatan semacam ini dapat berlanjut kedepannya," kata Yanis dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (6/5/2024).

Lebih lanjut Yanis mengatakan, peringatan Hari Buruh dapat menjadi momentum untuk memperkuat kolaborasi antara karyawan, perusahaan, dan pemerintah. Dia juga mengajak pekerja untuk melihat diri mereka sebagai mitra kerja, bukan sebagai pesaing perusahaan.

“Ketika hubungan (antara karyawan dan perusahaan) terjalin harmonis, (hal itu) dapat memberikan dampak positif. Tidak hanya bagi perusahaan, tetapi juga bagi para tenaga kerja,” ungkapnya lagi," ujarnya.

Sementara itu, Head of Corporate Communication PT GNI Mellysa Tanoyo menjelaskan bahwa peringatan Hari Buruh merupakan agenda tahunan yang bertujuan untuk menghargai kinerja para karyawan.

Baca juga: PT GNI Gelar Penyuluhan Kesehatan Guna Perbaiki Kualitas Hidup Masyarakat Morowali Utara

"Kami ingin para pekerja memaknai May Day sebagai momen kolaborasi dan solidaritas, yang dapat meningkatkan semangat kerja positif dan memperkuat hubungan antar karyawan," ujarnya.

PT GNI pun memberikan penghargaan kepada sejumlah karyawan yang dinilai telah menunjukkan kinerja dan kontribusi yang positif bagi perusahaan dari berbagai divisi.

Untuk menambah keceriaan acara, perusahaan juga mengadakan undian berhadiah bagi pekerja yang beruntung.

Pada perayaan tahun ini, PT GNI juga memberikan kesempatan bagi karyawan untuk mengekspresikan kreativitas dan memperkuat kerja tim melalui pertunjukan seni.

Salah satu karyawan PT GNI menyanyikan lagu Indonesia dalam acara Hari Buruh 2024.Dok. PT GNI Salah satu karyawan PT GNI menyanyikan lagu Indonesia dalam acara Hari Buruh 2024.

"Pertunjukan seni yang digelar pada May Day kali ini menunjukkan akulturasi budaya yang dibentuk dari kolaborasi dan sinergi antar budaya Indonesia-Tiongkok," kata Mellysa.

Berlangsung meriah, para karyawan pun menampilkan berbagai pertunjukan seni, mulai dari menyanyikan lagu-lagu Indonesia dan Tiongkok hingga menari tarian modern-kontemporer.

"Setiap pertunjukan dirancang untuk merayakan semangat dan dedikasi para tenaga kerja PT GNI," ujar Mellysa.

Sebagai informasi, acara peringatan Hari Buruh 2024 yang digelar oleh PT GNI juga dihadiri oleh tokoh penting, seperti anggota Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morowali Utara, staf Disnakertrans Morowali Utara, anggota Polres Morowali Utara, Kepala Desa Lingkar Industri, dan sejumlah camat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com