Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sistem LRT Jabodebek Dibenahi Jelang Operasional, Pengamat: Jangan Buru-buru

Sebagai informasi, perbedaan spesifikasi tersebut membuat pintu kereta LRT Jabodebek tidak berhenti sejajar dengan gate yang ada di peron stasiun.

Pengamat kebijakan publik Agus Pambagio menilai perbaikan sistem LRT Jabodebek tidak mungkin dikebut penyelesaiannya sebelum target operasi komersil 18 Agustus mendatang.

Oleh karenanya, dia meminta pemerintah tidak memaksakan LRT Jabodebek segera beroperasi komersial sebelum memastikan sistem operasinya berjalan dengan baik.

"Saya kan sudah bilang ini enggak mungkin. Enggak mungkin lah, jangan buru-buru. Kita harus belajar dari sesuatu yang buru-buru. Bikin jalan tol buru-buru, apa yang terjadi sekarang? Tiap hari dibongkar. Harusnya 30 tahun, 2 tahun udah hancur, itu buru-buru," ujar Agus saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (5/8/2023).

Sebab menurutnya, faktor terpenting dari angkutan umum terletak pada aspek keselamatan karena angkutan umum digunakan oleh orang banyak.

"Bikin angkutan umum itu faktor utama adalah keselamatan. Kalau keselamatannya terancam, sampai kapanpun jangan dijalankan, itu rule of the time-nya," ucapnya.

"Jadi jangan didorong cepat, cepat, cepat. Semua yang pakai metode cepat-cepat kan hancur semua tuh infrastruktur," tegasnya.

Dihubungi terpisah, Ketua Forum Transportasi Perkeretaapian dan Angkutan Antarkota, Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Aditya Dwi Laksana mengatakan, tidak ada urgensi tertentu yang mengharuskan LRT Jabodebek beroperasi tepat 18 Agustus 2023.

"Tidak ada keharusan untuk harus operasi komersial di 18 Agustus," ucap Aditya kepada Kompas.com, Kamis (3/8/2023).

Melihat deretan masalah pada proyek LRT Jabodebek, menurutnya, sistem kendali kereta seperti persinyalan, sistem kendali otomatis, kehandalan operasi sarana kereta harus dipastikan sudah prima terlebih dahulu sebelum dioperasikan secara komersil.

Pasalnya, hal ini menyangkut pada aspek keselamatan dan keamanan masyarakat yang akan menjadi pengguna LRT Jabodebek.

"Keselamatan dan kelancaran operasional MRT yang harus di prioritaskan, termasuk juga sistem kendali keretanya," tegasnya.

https://money.kompas.com/read/2023/08/05/205541026/sistem-lrt-jabodebek-dibenahi-jelang-operasional-pengamat-jangan-buru-buru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke