Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sering Jadi Tulang Punggung Keluarga, "Emak-emak" Perlu Literasi Keuangan

Pelaku usaha perempuan harus memiliki ketrampilan dalam menajemen keuangan yang lebih baik.

Secara tidak langsung, hal tersebut juga akan turut berperan dalam pengembangan bisnis pelaku usaha perempuan.

Presiden Direktur Visa Indonesia Riko Abdurrahman mengatakan, ibu-ibu pelaku UMKM kerap menjadi tulang punggung keluarga.

"Kenapa perempuan? Kami percaya ibu-ibu merupakan agen perubahan yang bisa menyebarkan pengetahuan manajemen keuangannya dan berkontribusi terhadap pemberdayaan komunitas lokal," kata dia dalam konferensi pers peluncuran kampanye "Ibu Berbagi Bijak" 2023, Kamis (31/8/2023).

Visa Indonesia sendiri memiliki program "Ibu Berbagi Bijak" yang telah berlangsung sejak 2017. Program ini diharapankan dapat meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan dan mengembangkan bisnis perempuan pelaku UMKM melalui serangkaian lokakarya, pendampingan, dan business matching.

Pada tahun ini, Visa Indonesia berharap dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat di Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Hal ini sejalan dengan misi pemerintah daerah Jawa Barat untuk mempercepat digitalisasi UMKM di provinsi tersebut.

Riko memaparkan, misi utama program ini adalah membantu 300 pelaku UMKM perempuan dalam hal membangun literasi keuangan dan digital serta mengembangkan pandangan yang berorientasi ekspor demi pertumbuhan yang berkelanjutan.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan OJK Horas V.M. Tarihoran, mengatakan, literasi keuangan adalah kunci untuk memahami konsep seperti anggaran, investasi, pengelolaan utang, dan perencanaan masa depan.

Berdasarkan data OJK, indeks literasi perempuan dan ibu-ibu pada 2022 telah mencapai 50,33 persen, atau melebihi indeks literasi laki-laki.

"Sesuai degnan pepatan juga ya kalau kami mengedukasi satu orang ibu, kami mengedukasi satu generasi, kalau mengedukasi satu orang laki-laki, hanyan mengedukasi satu orang," terang dia.

Horas juga menyebut ibu-ibu merupakan sokoguru (tonggak) atau tiang ekonomi dan keuangan keluarga.

"Semoga program ini terus berlanjut untuk membantu perempuan dan pelaku UMKM agar mampu membuat keputusan yang tepat mengenai keuangan mereka," tandas dia.

https://money.kompas.com/read/2023/08/31/180000126/sering-jadi-tulang-punggung-keluarga-emak-emak-perlu-literasi-keuangan-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke