Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bank Dunia Sebut Pertumbuhan Ekonomi Asia Timur dan Pasifik Capai 5 Persen pada 2023

Namun, pertumbuhan ekonomi akan mengalami perlambatan pada semester II-2023. Pada 2024, pertumbuhan ekonomi kawasan ini diprediksi 4,5 persen.

Berdasarkan East Asia and Pacific October 2023 Economic Update, pertumbuhan ini lebih tinggi dari rata-rata semua negara emerging market dan negara berkembang lainnya.

Meskipun begitu, proyeksi ini tetap lebih rendah dari paparan sebelumnya.

Wakil Presiden Bank Dunia untuk Asia Timur dan Pasifik Manuela V Ferro menjelaskan, kawasan Asia Timur dan Pasifik tetap menjadi salah satu kawasan dengan pertumbuhan tercepat dan paling dinamis di dunia, meskipun pertumbuhannya sedang.

“Dalam jangka menengah, mempertahankan pertumbuhan yang tinggi memerlukan reformasi untuk mempertahankan daya saing industri, mendiversifikasi mitra dagang, dan membuka potensi peningkatan produktivitas dan penciptaan lapangan kerja di sektor jasa,” kata dia dalam konferensi pers bertajuk World Bank East Asia and Pacific Economicc update Oktober 2023, Senin (2/10/2023).

Sebagai gambaran, pertumbuhan ekonomi China pada 2023 diproyeksikan sebesar 5,1 persen dan di kawasan kecuali China sebesar 4,6 persen.

Sementara itu, pertumbuhan di negara-negara Kepulauan Pasifik diperkirakan 5,2 persen.

Pada 2024, pulihnya kondisi eksternal akan membantu pertumbuhan negara-negara lain di kawasan ini.

Meskipun begitu, kesulitan dalam negeri yang terus berlanjut di China.

Hal tersebut melingkupi memudarnya kebangkitan kembali dari pembukaan kembali perekonomian, peningkatan utang, pelemahan di sektor properti, dan faktor-faktor struktural, seperti pertumbuhan masyarakat lansia.

Ini dapat terjadi karena pemulihan pertumbuhan global dan pelonggaran kondisi keuangan mengimbangi dampak dari melambatnya pertumbuhan di China.

Pertumbuhan ekonomi juga didukung oleh langkah-langkah kebijakan perdagangan di negara lain.

Di sisi lain, meningkatnya ketegangan geopolitik, dan kemungkinan terjadinya bencana alam, termasuk peristiwa cuaca ekstrem menjadi risiko tambahan yang merugikan prospek perekonomian kawasan.

https://money.kompas.com/read/2023/10/02/140000626/bank-dunia-sebut-pertumbuhan-ekonomi-asia-timur-dan-pasifik-capai-5-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke