Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Strategi Membangun Bisnis di Era Digital

Oleh: Rangga Septio Wardana dan Brigitta Valencia Bellion

KOMPAS.com - Pesatnya perkembangan era digital membuat lini bisnis harus terus beradaptasi. Oleh karena itu, perusahaan perlu merancang model bisnis yang tepat agar roda bisnis terus berjalan.

Meskipun memberikan banyak peluang, era digital juga memiliki beberapa tantangan yang perlu diantisipasi. Era digital juga membuat persaingan lebih berat karena jumlah kompetitor semakin banyak. Hal ini membuat pengusaha harus lebih inovatif dalam merancang strategi bisnis.

Informasi ini pun menjadi pembahasan utama dalam siniar Obsesif bertajuk “Running a Business is a Marathon ft. Catherine S. Prajitno, Founder Superkul.id”, yang dapat diakses melalui tautan s.id/ObsesifCathrine.

Strategi Mengelola Bisnis di Era Digital

Kunci utama agar bisnis dapat berkembang adalah beradaptasi dengan perkembangan zaman dan memahami penggunaan media sosial dengan baik. Selain itu, berikut adalah beberapa cara yang perlu dilakukan untuk mengelola bisnis di era digital.

1. Mempelajari Digital Marketing

Melansir Kompas.com, ketika membangun bisnis, seorang pengusaha perlu memiliki tekad untuk terus mempelajari hal baru. Salah satunya adalah mempelajari ilmu digital marketing agar bisnis dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Selain itu, digital marketing juga penting untuk melakukan riset target pelanggan. Hal ini penting agar dapat menjaring pelanggan secara optimal dan menyampaikan pesan produk dengan lebih kreatif.

2. Pelajari Berbagai Platform Media Sosial

Platform media sosial atau e-commerce akan memudahkan seorang pebisnis untuk mendistribusikan produk mereka. Maka dari itu, penting untuk mempelajari berbagai platform media sosial dan menentukan mana yang paling cocok dengan produk dan segmentasi pasar yang telah dipilih.

3. Inovasi Bisnis dengan Tren Kekinian

Inovasi perlu dilakukan agar bisnis mampu bersaing dengan segala perubahan yang terjadi. Hal ini juga memiliki peran penting untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan keuntungannya.

Inovasi dapat membantu perusahaan menemukan cara baru untuk meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya, dan meningkatkan kualitas produk atau layanan yang ditawarkan.

4. Kompetitif

Persaingan bisnis merupakan cara yang dapat dilakukan untuk memotivasi perusahaan dalam mencapai keunggulan. Hal ini juga memiliki peran penting dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, mempromosikan inovasi, dan mengungkapkan keunggulan pasar.

Dengarkan informasi lengkapnya dalam siniar Obsesif bertajuk “Running a Business is a Marathon ft. Catherine S. Prajitno, Founder Superkul.id” di Spotify dengan tautan akses s.id/ObsesifCathrine.

Di sana, ada pula beragam informasi menarik seputar dunia kerja untuk job seeker dan fresh graduate.

Ikuti siniar Obsesif dan akses playlist-nya di YouTube Medio by KG Media sekarang juga agar kalian tak tertinggal tiap episode terbarunya!

https://money.kompas.com/read/2023/11/03/180000626/4-strategi-membangun-bisnis-di-era-digital

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke