Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Produk Bank Syariah Jangan Hanya Jadi Bayangan Perbankan Konvensional

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berupaya mengembangkan industri perbankan syariah dengan memanfaatkan keunikan dan kekhasan perbankan syariah.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae menyampaikan, perbankan syariah harus menjadi alternatif dari layanan perbankan konvensional.

Jangan sampai perbankan syariah hanya menjadi pilihan prinsip-prinsip dasar, seperti prinsip syariah yang menggunakan bagi hasil atau konvensional yang berdasarkan tingkat suku bunga.

Dian menambahkan, berbagai kebijakan telah dikeluarkan untuk mendorong pengembangan perbankan syariah.

OJK mengeluarkan kebijakan untuk perbaikan struktur industri perbankan syariah yang dilakukan melalui konsolidasi maupun spin-off unit usaha syariah (UUS).

Dian menyampaikan, perkembangan perbankan syariah di Indonesia sampai saat ini masih belum bisa terlepas dari berbagai tantangan.

Tantangan tersebut antara lain masih rendahnya tingkat literasi dan inklusi perbankan syariah, skala bisnis yang masih relatif kecil dan kurangnya diferensiasi model bisnis dan produk.

Selain itu, tantangan lain yang harus dihadapi adalah rendahnya kontribusi dan dampak perbankan syariah pada pembangunan ekonomi dan sosial, serta diperlukannya penguatan penerapan prinsip syariah.

Sebagai informasi, sampai Agustus 2023 perbankan syariah tercatat memiliki total aset sebesar Rp 817,6 triliun. Jumlah tersebut tumbuh 9,79 persen secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Perbankan syariah telah menyumbangkan pangsa pasar perbankan syariah sebesar 7,26 persen.

Pertumbuhan aset perbankan syariah tersebut ditopang oleh pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK)perbankan syariah yang mencapai Rp 632,87 triliun.

Jumlah tersebut tumbuh 6,91 persen secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Adapun, total pembiayaan yang disalurkan sebesar Rp 540,77 triliun atau tumbuh 11,77 persen secara tahunan (yoy).

https://money.kompas.com/read/2023/11/07/204400626/produk-bank-syariah-jangan-hanya-jadi-bayangan-perbankan-konvensional

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke