Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Pengusaha Ini Masuk Tim Kampanye Prabowo-Gibran

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka resmi diumumkan di Hotel Grand Kemang, Jakarta, Senin (6/11/2023).

Sejumlah pengusaha masuk struktur TKN Prabowo-Gibran yang terdiri dari koordinator relawan, pembina, pengarah, dan penasihat. Berikut daftar pengusaha yang masuk susunan TKN Prabowo-Gibran.

1. Aburizal Bakrie (Dewan Pembina)

Aburizal Bakrie atau akrab disapa Ical merupakan pengusaha Indonesia yang juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar.

Dilansir laman resmi Kementerian Koordinator Perekonomian, ia pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat dalam Kabinet Indonesia Bersatu.

Ia juga pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dalam kabinet yang sama, tetapi posisinya berubah dalam perombakan yang dilakukan presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 5 Desember 2005.

Pada tahun 2004, Ical memutuskan untuk mengakhiri karier di dunia usaha setelah mendapat kepercayaan sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Kabinet Indonesia Bersatu.

Riwayat karier Ical di antaranya, Direktur utama PT Bakrie Nusantara Corporation, Komisaris Utama Kelompok Usaha Bakrie, Presiden Forum Bisnis ASEAN, Presiden Asean Chamber of Commerce & Industry, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) bidang Industri dan Industri Kecil, dan Ketua Umum Kadin.

2. Rosan Roeslani (Ketua)

Rosan merupakan seorang pengusaha. Rosan merintis usaha bersama dua sahabatnya, antara lain Sandiaga Uno yang sekarang menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendirikan PT Republik Indonesia Funding alias Finance Indonesia yang merupakan perusahaan penasihat keuangan (financial advisors).

Krisis ekonomi yang melanda Indonesia membuat bisnis Rosan dkk makin moncer. Banyak perusahaan yang memerlukan talent untuk kembali menyehatkan bisnis mereka.

Pada 2002, Finance Indonesia berganti nama menjadi Recapital. Bisnis Rosan pun menggurita mulai dari pertambangan, infrastruktur, properti, hingga media massa.

Rosan juga ergabung bersama Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi). Pada 2015 Rosan terpilih sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

Saat ini di Kadin ia menjabat sebagai Ketua Dewan Kehormatan.

Selain itu, Rosan pernah diangkat sebagai Duta Besar RI untuk Amerika Serikat (AS) pada 25 Oktober 2021 dan efektif memulai jabatannya pada Desember 2021. Tak sampai 2 tahun, Jokowi memanggil pulang Rosan, dan melantiknya menjadi Wakil Menteri BUMN pada 17 Juli 2023.

3. Erwin Aksa (Wakil Ketua Koordinator Strategis)

Erwin Aksa merupakan anak dari pengusaha pemilik Grup Bosowa, Aksa Mahmud. Sedangkan sang ibu, Hj. Ramlah Kalla, merupakan adik dari Jusuf Kalla (Wakil Presiden Republik Indonesia ke-10 dan ke-12).

Saat ini Erwin menjadi Komisaris Utama Grup Bosowa. Ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Bidang Konstruksi dan Infrastuktur periode 2015-2020.

Erwin pernah juga menjadi Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) periode 2008-2011. Saat ini Erwin menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Penggalangan Strategis di DPP Partai Golongan Karya.

4. Wishnu Wardana (Wakil Ketua Koordinator Strategis)

Wishnu Wardhana merupakan Direktur Utama PT Teladan Prima Agro sejak tahun 2021, sebelumnya menjabat Komisaris Utama PT Teladan Prima Agro pada tahun 2016–2021, dan Wakil Komisaris Utama pada 2012–2016.


Dilansir dari laman Teladan Prima Agro, Wishnu Wardhana memiliki pengalaman di bidang energi dan merupakan sosok yang instrumental dalam membangun salah satu perusahaan energi terbesar di Indonesia yaitu PT Indika Energy Tbk, yang berhasil melakukan Initial Public Offering pada tahun 2008.

Ia merupakan sosok pimpinan manajemen PT Indika Energy Tbk dari tahun 2007 hingga tahun 2017. Ia juga pernah menduduki posisi Komisaris Utama (2016-2017), Direktur Utama (2014-2016), serta Direktur (2007-2014).

Selain itu, Wishnu pernah menduduki posisi sebagai Wali Amanat Dewan Penasihat Kadin pada tahun 2015-2021.

Sebelumnya, ia pernah menjadi Wakil Direktur Departemen Energi Kadin dari tahun 2010 hingga tahun 2015 dan pernah menjadi kandidat ketua umum Kadin termuda pada tahun 2010.

Wishnu Wardhana juga pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Lembaga Keuangan Nonbank, Asuransi, dan Pasar Modal (2009-2010) dan menjabat sebagai Sekjen Kamar Dagang RI-AS (2004-2009).

5. Akbar Himawan Bukhori (Wakil Ketua Koordinator Strategis)

Akbar Himawan Buchari diketahui memiliki latar belakang sebagai pengusaha bidang logistik. Di BPP Hipmi, sosoknya saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) periode 2022-2025.

Pria yang lahir di Medan 34 tahun lalu itu juga dikenal sebagai pemilik perusahaan otobus (PO) Kurnia.

Dengan jumlah armada sekitar 250 unit bus, PO Kurnia cukup populer di Pulau Sumatera lantaran banyak memiliki trayek di sana, terutama di kawasan Sumatera Utara dan Aceh.

Selain PO bus, bisnisnya juga merambah sektor lain yakni properti dan perkebunan kelapa sawit. Ia juga merupakan pemilik Hotel Swissbell Inn Gajah Mada dan Hotel Saka di Kota Medan.

6. Pandu Patria Sjahrir (Wakil Bendahara)

Pandu Patria Sjahrir merupakan pengusaha sekaligus Keponakan Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Ia juga dikenal sebagai Ketua Umum Asosiasi Pertambangan Indonesia (APBI) periode 2018-2021.

Di industri pertambangan, Pandu cukup dikenal luas sebagai pengusaha batu bara. Dia juga menjabat sebagai eksekutif di PT Toba Bara Sejahtra Tbk (TOBA), perusahaan yang kepemilikannya sering dikaitkan dengan Luhut.

Di TOBA, Pandu diangkat pertama kali sebagai Direktur Perseroan sejak tanggal 1 Oktober 2010. Dia juga tercatat sebagai Direktur PT Adimitra Baratama Nusantara yang masih terafiliasi dengan TOBA.

Saat ini Pandu tercatat sebagai Komisaris PT Bursa Efek Indonesia (BEI). Ia juga menjabat Ketua PB Persatuan Selancar Ombak Indonesia (PSOI). 

Pandu juga pernah menjabat sebagai komisaris. Sejak April 2017, ia menjadi komisaris di Gojek Indonesia. Ia juga pernah menjadi Presiden Komisaris SEA Group Indonesia yang menaungi Shopee. 

Adapun Pandu merupakan putra dari ekonom sekaligus politikus Sjahrir yang pernah menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden bidang ekonomi.

https://money.kompas.com/read/2023/11/08/125200326/6-pengusaha-ini-masuk-tim-kampanye-prabowo-gibran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke