Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lama Tak Terdengar, Apa Kabar Rencana Perpanjangan KRL Jabodetabek ke Karawang?

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, pihaknya telah menerima usulan perpanjangan KRL Jabodetabek ke Karawang dari PT KAI Commuter (KCI) pada 2019.

Namun karena pada 2020 terjadi pandemi Covid-19, maka rencana ini menjadi terhambat sehingga jadwal realisasinya menjadi bergeser dan hingga kini belum diketahui kepastiannya.

"Jadi waktu itu karena disampaikan 2019, terus masuk pandemi akhirnya jadwal bergeser. Sampai sekarang kita belum pasti akan mulai kapan," ujarnya saat ditemui di Gedung Kemenhub, Jakarta, Senin (13/11/2023).

Meski belum ada kepastiannya akan dimulai kapan, namun dia memastikan rencana perpanjangan rute KRL Jabodetabek ke Karawang akan tetap dilaksanakan.

Adita bilang, saat ini pihaknya masih terus melakukan pembahasan dan memastikan kebutuhan anggaran untuk merealisasikan rencana ini.

"Masih dalam pembahasan, karena itu kan harus memastikan kebutuhan anggaran dan lain-lain," kata dia.

Terpisah, Direktur Utama KCI Asdo Artriviyanto mengungkapkan, pihaknya telah mengusulkan kepada Kemenhub untuk meneruskan rute KRL Jabodetabek hingga ke Karawang.

Perpanjangan rute KRL ini diperlukan lantaran saat ini sudah banyak berkembang pemukiman penduduk di Karawang sehingga masyarakatnya membutuhkan transportasi antarkota.

"Yang khusus jalur Bekasi kan kita tambah sampai Cikarang nih. Nah harapan kami juga bisa nambah lagi mempanjang relasi sampai Karawang karena ini pemukiman sudah mulai berkembang kan," ucap Asdo dalam wawancara khusus Ngobrol Boss Kompas.com, dikutip Senin.

Namun, Menhub mengaku masih perlu melakukan finalisasi fisik rel KRL menuju Karawang dan itu ditargetkan dapat selesai pada akhir tahun depan (2020).

Sayangnya setelah itu, rencana perpanjangan rute KRL ke Karawang ini sudah tidak terdengar lagi kelanjutannya.

https://money.kompas.com/read/2023/11/14/053000826/lama-tak-terdengar-apa-kabar-rencana-perpanjangan-krl-jabodetabek-ke-karawang-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke