Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tiga Pesan Wapres untuk Industri Asuransi Syariah

"Ke depan, tantangan industri asuransi akan semakin kompleks. Masyarakat maupun entitas terus membutuhkan mitra pengelola risiko yang dapat diandalkan dan dipercaya," terang dia dalam acara Allianz Syariah Grand Launching, Kamis (16/11/2023).

Menurut dia, pertama-tama perusahaan asuransi harus menjalankan prinsip tata kelola yang baik dalam dunia perasuransian.

Perusahaan asuransi perlu memastikan tata kelola industri dan perusahaan asuransi tetap dalam koridor otoritas yang berlaku.

Di satu sisi, inovasi produk-produk baru asuransi perlu didorong, tetapi tetap dilaporkan dan berizin resmi dari otoritas.

"Aspek kejujuran, keterbukaan, akuntabilitas, dan perlindungan nasabah juga merupakan prinsip-prinsip yang senantiasa harus dikedepankan," imbuh dia.

Itu karena perekonomian global masih tidak menentu, sehingga diperlukan perhitungan dan kecermatan ekstra saat menentukan investasi pada aset.

"Hindari aset-aset berisiko tinggi. Pastikan kesehatan keuangan perusahaan asuransi tetap terjaga," kata dia.

Perusahaan asuransi diharapkan dapat mengelola keuangan perusahaan secara efisien dan saksama, tetapi tetap lincah dan adaptif terhadap perkembangan dan kebutuhan masyarakat.

Ketiga, Ma’ruf meminta perusahaan asuransi menjaga penerapan prinsip syariah dalam seluruh produk dan layanan kepada masyarakat.

Pelaku industri asuransi harus terus mengusung nilai-nilai kebaikan syariah dalam menjalankan setiap aspek bisnisnya, serta menjamin keamanan, dan kenyamanan nasabah.

"Kita harapkan nantinya semakin banyak masyarakat memilih asuransi syariah bukan semata untuk memenuhi tuntunan agama, melainkan karena meyakini keunggulan produk dan layanannya," tandas dia.

https://money.kompas.com/read/2023/11/16/193000026/tiga-pesan-wapres-untuk-industri-asuransi-syariah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke