Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Semen Indonesia Angkat Buwas Jadi Komisaris Utama

Dalam RUPSLB, pemegang saham sepakat untuk mengangkat Budi Waseso atau Buwas menjadi Komisaris Utama (Komut) sekaligus Komisaris Independen Semen Indonesia. Buwas merupakan Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog.

Adapun Buwas menggantikan posisi Rudiantara, yang turut diberhentikan dengan hormat dalam rapat tersebut.

"Rapat mengukuhkan pemberhentian dengan hormat, Bapak Rudiantara sebagai Komisaris Utama, dan selanjutnya mengangkat Bapak Budi Waseso sebagai Komisaris Utama dan Komisaris Independen," ujar Corporate Secretary Semen Indonesia Vita Mahreyni dalam keterangannya, Jumat (1/12/2023).

Selain itu, pemegang saham dalam RUPSLB memutuskan pula mengangkat Ratna Irsana sebagai Komisaris Independen Semen Indonesia. Dia menggantikan posisi Arief Prasetyo Adi yang diberhentikan dengan hormat dalam rapat.

Dengan perubahan tersebut maka susunan dewan komisaris dan direksi Semen Indonesia sebagai berikut:

  • Komisaris Utama dan Komisaris Independen : Budi Waseso
  • Komisaris : Sony Subrata
  • Komisaris : Yustinus Prastowo
  • Komisaris : Lydia Silvanna Djaman
  • Komisaris Independen : Nasaruddin Umar
  • Komisaris Independen : Saor Siagian
  • Komisaris Independen : Ratna Irsana

Dewan Direksi

Vita menambahkan, ke depannya perseroan akan terus fokus menjalankan inisiatif-inisiatif strategis untuk peningkatan kinerja sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi pemangku kepentingan, khususnya para pemegang saham, serta mencapai operational excellence dan target-target keberlanjutan.

Adapun beberapa inisiatif strategis tersebut yaitu dekarbonisasi melalui instalasi solar panel di unit-unit operasional dan pemanfaatan RDF (refuse-derived fuel) sebagai bahan bakar alternatif di pabrik semen. Lalu optimalisasi pasar ekspor dan mempertahankan kepemimpinan dalam proyek strategis nasional.

"Serta modernisasi ekosistem retail, dan penerapan plant optimizer dan cargo cosolidator untuk efisiensi biaya produksi dan distribusi," kata Vita.

https://money.kompas.com/read/2023/12/01/175313926/semen-indonesia-angkat-buwas-jadi-komisaris-utama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke