Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

MRT Fase 2A Bundaran HI-Kota Ditargetkan Beroperasi 2027

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau proyek pembangunan Moda Raya Terpadu (MRT) Fase 2A di Stasiun MRT Monas, Jakarta, Jumat (15/12/2023).

Proyek MRT rute Bundaran Hotel Indonesia - Kota ditarget mulai beroperasi pada 2027 mendatang.

Jokowi mengatakan, pembangunan MRT Fase 2A berjalan dengan baik dan progresnya sudah mencapai 28,4 persen, melampaui target perencanaan yang sebesar 27 persen.

“Lebih dari target, saya kira bagus,” ujar Jokowi dalam keterangan tertulis, Jumat (15/12/2023)

Dalam tinjauannya, Jokowi bersama Budi Karya juga melihat terowongan dari Monas menuju Bundaran HI. Menurutnya, proyek MRT bukan merupakan pekerjaan mudah karena harus dikerjakan di tengah keramaian Kota Jakarta.

Jokowi pun menargetkan MRT fase 2A dapat berfungsi pada tahun 2027. Setelah fase 2A rampung, berikutnya proyek akan dilanjutkan dengan fase 2B (Kota - Ancol).

“Berfungsi kita harapkan nanti di 2027. Ini pekerjaan yang tidak mudah karena harus bekerja di dalam keramaian Jakarta," kata dia.

Sementara itu, terkait dengan rencana pembangunan MRT dari timur ke barat, Jokowi mengatakan, semuanya masih dalam proses dan akan segera diputuskan setelah melakukan perhitungan dan studi.

"Kalau kalkulasi studinya sudah rampung semua, langsung kita putuskan. Karena memang Jakarta membutuhkan transportasi massal yang terintegrasi, bukan sendiri-sendiri," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama Menhub memastikan, bakal terus mengawal pelaksanaan proyek MRT fase 2A bersama dengan Pemprov DKI Jakarta, agar bisa diselesaikan sesuai dengan target waktu yang ditetapkan.

Ia mengungkapkan, akan terus mendorong pembangunan transportasi massal perkotaan di Jabodetabek guna mengatasi sejumlah permasalahan seperti kemacetan, polusi udara, tingginya angka kecelakaan, dan permasalahan lainnya.

“Dengan semakin banyaknya pilihan moda transportasi massal yang tersedia, diharapkan lebih banyak lagi masyarakat yang beralih menggunakan transportasi massal,” ujar dia.

Sebagai informasi, pembangunan MRT Fase 2 merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) dan terbagi menjadi dua tahap yaitu fase 2A dan fase 2B. Proyek ini merupakan kelanjutan dari pembangunan koridor utara-selatan fase 1, yang telah beroperasi sejak 2019 lalu.

MRT fase 2A menghubungkan Bundaran HI - Kota sepanjang 5,8 kilometer yang melewati tujuh stasiun bawah tanah yaitu Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota.

Sedangkan Fase 2B terdiri dari dua stasiun bawah tanah yaitu Mangga Dua dan Ancol, serta satu depo di Ancol Barat dengan total panjang jalur sekitar 6 kilometer.

https://money.kompas.com/read/2023/12/15/194711326/mrt-fase-2a-bundaran-hi-kota-ditargetkan-beroperasi-2027

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke