Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lakukan 10 Hal Ini Sekarang untuk Masa Depan Keuangan yang Cerah

JAKARTA, KOMPAS.com - Masa depan keuangan bisa menjadi hal yang mengkhawatirkan. Oleh karena itu, mengendalikan keuangan dapat mengurangi stres dan membimbing Anda menuju masa depan di mana uang terus tumbuh bersama Anda.

Dikutip dari Fox Business, Senin (25/12/2023), merencanakan keuangan untuk masa depan memang membutuhkan waktu. Namun, setelah Anda menyelesaikan sebagian besar pekerjaan, rencana keuangan hanya memerlukan pemantauan dan sedikit penyesuaian jika diperlukan.

Banyak perencanaan keuangan untuk masa depan berkisar pada penetapan tujuan dan investasi sedini mungkin.

Semakin cepat Anda memahami keuangan dengan baik, dan semakin cepat Anda menciptakan kebiasaan belanja dan menabung yang sehat, semakin banyak uang yang Anda miliki.

Berikut 10 hal yang harus dilakukan sekarang untuk masa depan keuangan yang cerah.

1. Berinvestasilah sejak dini

Menginvestasikan uang adalah cara yang bagus untuk mengembangkan uang Anda seiring waktu dan mencapai tujuan keuangan. Segera setelah Anda mulai memperoleh penghasilan tetap, mulailah mencari investasi dan strategi yang cocok untuk Anda.

Jika Anda sudah lama mengumpulkan pendapatan tetapi belum mulai berinvestasi, belum terlambat.

Menginvestasikan uang untuk pensiun penting untuk masa depan finansial Anda, namun berinvestasi juga bisa menjadi cara mengumpulkan uang untuk tujuan jangka pendek, seperti membeli rumah.

Salah satu kesalahpahaman umum mengenai investasi adalah bahwa satu-satunya cara untuk berinvestasi adalah dengan memilih saham individu, namun hal ini jauh dari kebenaran. Pilihan investasi yang tidak terlalu berisiko adalah memasukkan uang ke reksa dana.


Setelah strategi investasi berjalan, Anda tidak perlu terlalu memperhatikannya, dan Anda cukup fokus pada pendanaan akun Anda.

2. Menabung untuk pensiun

Pensiun mungkin terasa sangat jauh ketika Anda masih muda, namun hal itu akan datang lebih cepat dari yang Anda kira. Tidak ada kata terlalu dini untuk mulai menabung untuk masa pensiun.

Banyak produk tabungan pensiun adalah tentang menciptakan kebiasaan. Jika Anda mulai menabung untuk masa pensiun segera setelah Anda mulai memperoleh penghasilan tetap, Anda akan menciptakan kebiasaan menyisihkan uang untuk tujuan ini.

Akan sangat sulit untuk mulai menyisihkan sebagian uang untuk masa pensiun jika Anda terbiasa menghasilkan pendapatan tertentu.

Selain itu, menunggu terlalu lama untuk mulai menabung untuk masa pensiun dapat menyebabkan Anda memberikan kontribusi besar di tahun-tahun terakhir karier sebagai upaya untuk mengejar ketertinggalan.

Mulailah menabung untuk masa pensiun sesegera mungkin, sehingga Anda dapat memaksimalkan kontribusi tabungan pensiun sejak dini dan memiliki banyak uang untuk mendukung gaya hidup Anda di kemudian hari.

3. Ciptakan tujuan tabungan, lalu simpan secara khusus untuk tujuan tersebut

Menghemat uang dapat menjadi lebih mudah dengan menetapkan tujuan spesifik untuk diri sendiri. Memiliki tujuan akhir untuk uang dapat menjadi motivator untuk membantu Anda menabung.

Banyak bank mengizinkan nasabah untuk memisahkan tabungan mereka ke dalam "amplop" atau kategori yang berbeda. Misalnya, salah satu amplop tabungan Anda dapat digunakan untuk uang untuk rumah masa depan yang ingin Anda beli.

Yang lainnya bisa berupa uang yang ingin Anda sisihkan untuk perjalanan. Sepertiganya bisa menjadi tabungan untuk pernikahan di masa depan.

Sediakan amplop ini untuk diri Anda sendiri dan hal-hal yang ingin Anda simpan. Tergantung pada bank, Anda mungkin dapat membuat kategori berbeda sebanyak yang Anda inginkan, sementara bank lain memiliki batasan jumlah kategori berbeda yang dapat Anda buat.

Secara umum, tiga sampai lima kategori adalah jumlah yang baik untuk dimiliki.

Setelah Anda membuat berbagai kategori, langkah selanjutnya adalah mengotomatiskan tabungan. Putuskan berapa banyak yang ingin Anda dedikasikan ke setiap akun setiap minggu, dua mingguan, atau bulanan dan atur setoran otomatis ke rekening.

Dengan cara ini, Anda tidak perlu khawatir untuk menambahkan uang secara manual dan Anda akan melakukan rutinitas menabung tanpa terlalu memikirkannya.

4. Masukkan tabungan ke dalam rekening tabungan dengan bunga tinggi

Menaruh tabungan di rekening tabungan dengan bunga tinggi adalah cara yang bagus untuk mengembangkan uang. Rekening tabungan dengan bunga tinggi menawarkan tingkat bunga yang lebih tinggi bagi pengguna.

Jika uang Anda tersimpan di rekening, simpanlah di rekening seperti rekening tabungan dengan bunga tinggi, yang akan bertambah, tidak seperti rekening standar yang bunganya akan jauh lebih rendah.

Satu kelemahan yang dirasakan beberapa orang adalah Kebencian dengan rekening tabungan hasil tinggi adalah uang tidak mudah diakses seperti di rekening lain.

Di banyak rekening tabungan dengan bunga tinggi, uang Anda memerlukan waktu beberapa hari agar tersedia untuk ditransfer dan kemudian memerlukan beberapa hari tambahan untuk ditransfer.

Meskipun demikian, hal ini dapat diubah menjadi hal positif karena tidak memiliki akses yang mudah terhadap tabungan dapat membantu Anda menabung lebih banyak dalam jangka panjang.

Saat meneliti rekening tabungan bunga tinggi, hal yang harus diperhatikan adalah persyaratan saldo minimum, tingkat bunga yang ditawarkan, dan jumlah maksimum transaksi yang dapat Anda lakukan per bulan.

Deposito adalah opsi populer lainnya untuk meningkatkan tabungan. Di rekening deposito, Anda biasanya perlu menyetor saldo minimum dan kemudian Anda setuju untuk menyimpan uang di rekening itu untuk jangka waktu tertentu.

Sebagai imbalannya, Anda akan diberi tingkat bunga yang lebih tinggi. Berhati-hatilah dengan rekening deposito karena jika Anda mengambil uang sebelum jangka waktu Anda habis, Anda harus membayar biaya.

Sekali lagi, ini bagus jika Anda kesulitan menabung karena uang yang Anda simpan pada dasarnya akan dikunci untuk jangka waktu tertentu.

5. Lunasi utang secepat mungkin

Melunasi utang dan sekaligus mencoba menabung bisa menjadi tantangan besar. Orang-orang menggunakan banyak metode berbeda dalam melunasi utang.

Langkah pertama yang penting adalah membuat daftar semua utang yang Anda miliki. Ini bisa mencakup pinjaman perguruan tinggi, utang kartu kredit, pembayaran mobil, dan lain-lain.

Setelah utang Anda dihapuskan, tuliskan tingkat bunga untuk masing-masing pinjaman ini dan berapa banyak total uang yang harus Anda bayar untuk setiap utang tersebut.

Ada beberapa metode utama yang digunakan untuk melunasi utang dalam jumlah besar. Salah satu caranya adalah dengan melunasi utang dari yang memiliki jumlah hutang tertinggi hingga yang terendah.

Sekarang, ada pembayaran minimum yang terkait dengan utang, tetapi jika Anda hanya membayar pembayaran minimum dan tidak lebih, Anda mungkin akan melunasi utang lebih lama dari yang Anda inginkan.

Jika Anda ingin melunasi utang Anda lebih cepat sehingga Anda memiliki lebih banyak kebebasan dalam menggunakan uang, membayar ekstra utang tertinggi dan kemudian beralih dari sana adalah salah satu cara yang lebih disukai untuk melakukannya.

Metode lain untuk membayar utang adalah melunasinya berdasarkan tingkat suku bunga, bukan jumlah utangnya. Dengan cara ini, mulailah melunasi utang dengan bunga tertinggi secara agresif, lalu turun ke utang tertinggi berikutnya, berikutnya, dan seterusnya hingga seluruh utang lunas.

Cara ketiga adalah memulai dengan utang terkecil terlebih dahulu. Hal ini dapat menciptakan rasa pencapaian yang lebih cepat dan memungkinkan Anda melunasi satu utang dengan cepat.

Memiliki utang adalah hal yang normal, namun melunasinya secepat mungkin dapat memberi Anda kebebasan finansial yang lebih besar sehingga Anda dapat mengalokasikan uang untuk hal lain.

6. Mulailah menyisihkan uang untuk dana darurat

Dana darurat sangat penting untuk dimiliki jika terjadi pengeluaran mendadak dan hal tersebut memang akan terjadi. Tagihan mobil yang tidak terduga, tagihan medis, kehilangan pendapatan, atau perbaikan rumah darurat bisa menjadi tekanan besar jika tidak ada dana darurat.

Secara umum, dana darurat harus cukup untuk menutupi biaya hidup Anda selama tiga hingga enam bulan. Cari tahu berapa jumlah ini untuk Anda dan mulailah menabung.

Hal terbaik tentang menabung dana darurat adalah setelah Anda mencapai jumlah target, Anda dapat membiarkannya dan berhenti menabung atau melanjutkannya. 

Mungkin merupakan pilihan yang bijaksana untuk menyisihkan uang ekstra untuk dana darurat agar Anda dapat mencapai jumlah yang ditargetkan dengan cepat sehingga Anda dapat menyisihkan uang di tempat lain.

Dana darurat adalah salah satu rekening yang baik untuk dijadikan rekening tabungan dengan hasil tinggi.

7. Lacak uang Anda, ketahui apa yang masuk dan keluar

Terkait penganggaran, ada banyak metode berbeda, dan mungkin diperlukan proses coba-coba untuk mengetahui metode mana yang cocok untuk Anda. Bagi sebagian orang, membuat anggaran terperinci setiap bulan adalah cara terbaik bagi mereka.

Bagi orang lain, pendekatan yang lebih sederhana yaitu dengan menggabungkan jumlah uang yang masuk dan yang dibelanjakan sudah cukup sehingga penjelasan rinci tentang ke mana perginya uang tidak diperlukan.

Minimal, ketahuilah berapa banyak pendapatan yang Anda peroleh, berapa banyak yang akan ditabung, dan berapa banyak Anda harus membayar tagihan setiap bulannya.

8. Belanjakan uang secara bertanggung jawab

Jangan merasa bersalah karena menghabiskan uang. Pengeluaran berlebihan bisa menjadi masalah, tetapi menyisihkan uang untuk hal-hal yang Anda sukai tidak masalah.

Jika Anda suka pergi makan malam bersama teman-teman, pastikan Anda memiliki uang yang disisihkan untuk itu. Jika Anda suka berbelanja, sisihkan uang untuk aktivitas tersebut.

Menyisihkan uang untuk hal-hal yang Anda sukai akan memungkinkan Anda membelanjakan uang tanpa rasa bersalah.

9. Lunasi tagihan kartu kredit secepatnya

Memiliki tagihan kartu kredit yang tinggi tidak hanya dapat merugikan skor kredit, namun tagihan yang tinggi dapat menambah bunga dengan cepat. Suku bunga pasti pada kartu kredit berbeda-beda tergantung pada kartu yang Anda miliki.

Tarif yang sangat tinggi berarti Anda akan membayar banyak uang ekstra semakin lama Anda tidak melunasi tagihan kartu kredit.

Setiap kali Anda menggunakan kartu kredit, pastikan Anda memiliki cukup uang untuk membayar tagihan tersebut. Aturan praktis yang baik untuk menjadi kebiasaan yang baik adalah membayar saldo sesegera mungkin.

10. Cek lagi dan sesuaikan kembali bila perlu

Setelah Anda memiliki uang yang secara otomatis mendanai tabungan, investasi, dan Anda rutin membayar utang ekstra, Anda tetap perlu sesekali memeriksa rekening.

Mungkin ada saatnya Anda membutuhkan lebih banyak uang untuk dibelanjakan, atau Anda mungkin ingin menyesuaikan jumlah yang Anda alokasikan ke rekening tertentu.

Periksa tabungan dan perencanaan keuangan bila perlu untuk melakukan penyesuaian apa pun yang mungkin Anda perlukan.

https://money.kompas.com/read/2023/12/25/094405726/lakukan-10-hal-ini-sekarang-untuk-masa-depan-keuangan-yang-cerah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke