Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

OJK: Sentimen Pasar Keuangan Lebih Positif, IHSG Tempati Posisi Ke-2 di Asean

“Ini merupakan tingkat tertinggi ke-2 di Asean setelah Vietnam,” kata Mahendra dalam sambutannya pada Pembukaan Perdagangan Pasar Modal di Main Hall BEI, Selasa (2/1/2024).

Mahendra mengatakan, beberapa indikator ekonomi global mulai menunjukkan sedikit perbaikan di tengah tensi geopolitik yang meningkat dan prospek pertumbuhan ekonomi global yang melambat.

Hal ini terlihat dari tingkat inflasi di negara-negara maju, yang mulai menurun, walaupun masih jauh dari target yang ditetapkan oleh bank central beberapa negara itu.

“Sentimen di pasar keuangan cenderung lebih positif, didukung harapan berakhirnya kenaikan suku bunga global,” ujarnya.

Mahendra bilang, optimisme juga turut dipengaruhi peluncuran berbagai insentif yang mendorong penguatan pasar keuangan global dan penurunan volatilitas di pasar saham, surat utang, maupun nilai tukar rupiah terhadap dollar AS.

“Ini membuat investor luar negeri atau non residen mulai kembali ke pasar keuangan emerging market sebagai net buyers,” jelas dia.

Nilai kapitalisasi pasar mencapai Rp 11.674 triliun atau secara pertumbuhan naik 22,9 persen dibanding sebelumnya.

Indonesia composite bond indeks tumbuh 8,6 persen, dan indeks saham syariah Indonesi atau ISSI terkoreksi 2,3 persen dibanding tahun lalu, namun kapitalisasi pasarnya tercatat sebesar Rp 6.146 triliun naik 28,41 persen.

Di sisi lain, terjadi peningkatan dana di pasar modal melalui penawaran umum terus meningkat.

Sampai dengan 29 Desember 2023, OJK mengeluarkan sebanyak 222 penawaran umum antara lain, 77 penawaran umum perdana saham 25 penawaran umum terbatas dan 120 penawaran efek bersifat utang dan sukuk dengan total nilai hasil penawaran umum seluruhnya Rp 255,21 triliun jauh diatas target Rp 200 triliun pada 2023 lalu.

Dari 222 kegiatan penawaran umum tersebut 80 di antaranya adalah emiten baru. Penghimpunan dana Securities Crowdfunding atau SCF juga bertambah, SCF dimanfaatkan oleh 494 pelaku UKM dengan total dana yang dihimpun Rp 1,04 triliun dari 168.000 pemodal melalui 16 platform penyelenggara SCF.

https://money.kompas.com/read/2024/01/02/120000226/ojk--sentimen-pasar-keuangan-lebih-positif-ihsg-tempati-posisi-ke-2-di-asean

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke