Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BSI Berangkatkan 83 Persen Jemaah Haji Indonesia 2024

Kompas.com - 13/05/2024, 11:23 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) memberangkatkan 83 persen jemaah haji 2024 atau sekitar 178.770 dari sekitar 213.000 jemaah haji reguler dari Indonesia.

Secara bertahap, jemaah haji mulai diterbangkan ke Tanah Suci 12 Mei 2024 melalui 14 embarkasi di seluruh Indonesia dan akan berlangsung hingga 10 Juni 2024.

Direktur Sales and Distribution BSI Anton Sukarna mengatakan, mayoritas jemaah haji reguler mendaftar lewat BSI, sejalan dengan layanan haji yang sejauh ini hanya bisa dilakukan di bank syariah.

Baca juga: Garuda Pastikan Tak Ada Delay 4 Jam Saat Penerbangan Haji Kloter Pertama

"Setiap tahun jumlah nasabah calon haji yang menabung di BSI terus meningkat dengan rerata 80 persen dari total jemaah Indonesia mendaftar lewat BSI,’’ ujar Anton dalam siaran pers, Senin (13/5/2024).

Ia menambahkan, tabungan Haji BSI konsisten tumbuh 8,2 persen secara tahunan (yoy) pada Maret 2024 dengan jumlah rekening 5 juta rekening dan total Dana Pihak Ketiga (DPK) Rp 11,67 triliun.

Jemaah haji yang mendaftar lewat BSI akan memperoleh layanan manasik di embarkasi di kota dan kabupaten, fasilitas kartu debit mabrur dengan fasilitas gratis tiga kali tarik tunai per bulan di Arab Saudi, cashback belanja di merchant di Arab Saudi dengan minimal berbelanja Rp 10 juta di Arab Saudi, hingga layanan penukaran uang riyal di embarkasi haji.

Baca juga: Nanobank Syariah Lepas Keberangkatan 100 Nasabah Calon Jemaah Haji

Tahun ini, BSI berharap kelolaan tabungan haji mencapai 5,9 juta rekening. Sementara itu, jumlah pendaftar haji yang menabung di BSI sampai dengan Maret 2024 mencapai 3,6 juta jemaah. Jumlah tersebut sekitar 64 persen dari total jemaah waiting list haji reguler Indonesia.

Untuk menjaga kinerja yang sustain, Anton menyebut perseroan akan memperkuat ekosistem haji dan umrah. Salah satunya adalah jemaah haji yang menabung di BSI akan mendapatkan kemudahan pelunasan haji secara realtime tanpa harus ke bank melalui BSI Mobile.

Dalam memberikan kemudahan layanan haji ke daerah remote dan memperluas akses layanan ke masyarakat pedesaan, BSI hadir memberi solusi dengan fasilitas penyetoran tabungan haji dan pelunasan melalui BSI Agen mencapai 94.000 mitra agen BSI di seluruh Indonesia.

Baca juga: Daftar 13 Bandara yang Layani Angkutan Haji 2024

Masyarakat yang memiliki usaha bisa mendaftar menjadi BSI Agen di seluruh outlet BSI, untuk ikut memberikan layanan perbankan syariah sesuai ketentuan layanan laku pandai.

BSI juga menyediakan penukaran banknotes SAR di outlet-outlet BSI dengan nilai tukar yang kompetitif.

“Saat ini BSI bekerjasama lebih dari 1.800 travel haji dan umrah yang siap melayani haji ONH plus. Lalu, BSI juga terus meningkatkan literasi haji sejak dini melalui kerjasama dengan lebih dari 360.000 sekolah Islam, 73.000 pesantren, 51.000 masjid,” pungkas Anton.

Baca juga: Garuda Indonesia Operasikan 14 Pesawat untuk Angkut 109.072 Jemaah Haji

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com