Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cak Imin: Harus Ada Langkah Ekstra untuk Tangani Krisis Iklim

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengatakan bahwa menangani krisis iklim yang terjadi di Indonesia memerlukan langkah ekstra.

"Kita harus ada langkah extraordinary (luar biasa) agar bencana iklim, kerusakan lingkungan, bencana longsor di mana-mana tidak terus menghampiri," kata Cak Imin usai debat cawapres yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, pada Minggu (21/1/2024) malam.

Cak Imin menuturkan pemerintah perlu mengambil langkah antisipatif agar bencana bisa diprediksi sehingga tidak menimbulkan akibat yang berdampak besar.

Menurut dia, debat kali ini sudah sesuai dengan substansi yang disampaikan sehingga dia yakin perlu adanya langkah ekstra untuk menangani kerusakan lingkungan.

Maka dari itu, dia mengajak masyarakat untuk memiliki pandangan serius untuk menangani krisis iklim yang nyata terjadi.

"Tinggal rakyat menilai, saya sungguh merasa krisis iklim sudah dalam level tidak boleh dianggap biasa-biasa saja," tuturnya.

Sebelumnya dalam debat, Muhaimin menyebut anggaran untuk perubahan iklim di Indonesia masih rendah. Dia menyampaikan, anggaran untuk krisis iklim di Indonesia jauh dibandingkan sektor-sektor lainnya.

"Kita melihat krisis iklim tidak diatasi serius. Bahkan ditunjukkan anggarannya jauh di bawah sektor-sektor lainnya," kata Cak Imin.

Dia menilai, upaya mengatasi krisis iklim harus dimulai dengan etika pembangunan yang seimbang antara manusia dan alam.

"Pembangunan nasional harus beranjak pada keadilan iklim, keadilan ekologi, keadilan antargenerasi, keadilan agraria, dan keadilan sosial," tuturnya.

Cak Imin juga mengkritik rencana pembangunan tanggul laut raksasa atau giant sea wall yang tidak menjawab akar masalah krisis iklim.

https://money.kompas.com/read/2024/01/22/000702126/cak-imin-harus-ada-langkah-ekstra-untuk-tangani-krisis-iklim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke