Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Direktur Milenial Pertamina NRE Masuk Daftar 40 Under 40, Ini Profilnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Bisnis Pertamina New and Renewable Energy (Pertamina NRE) Fadli Rahman menjadi salah satu dari 40 tokoh muda Indonesia yang masuk dalam daftar 40 Under 40 Fortune Indonesia tahun 2024.

Ada sekitar 380 nama yang direkomendasikan sebagai generasi muda berusia di bawah 40 tahun dan berpengaruh di Indonesia.

Kemudian, dilakukan seleksi dengan berbagai pertimbangan seperti pengalaman, prestasi, keberlanjutan karier, dan manfaat yang diberikan kepada masyarakat sekitar.

Nama Fadli masuk dalam daftar 40 Under 40  mengingat dia pernah menduduki berbagai posisi strategis di sejumlah perusahaan di usianya yang menuju 38 tahun.

"Capaian ini tidak mungkin terwujud tanpa dukungan keluarga dan tim yang telah bersama dengan saya berjuang untuk sesuatu yang kami yakini, yaitu transisi energi untuk Indonesia yang lebih bersih dan hijau. Untuk itu apresiasi yang setinggi-tingginya dari saya pribadi untuk mereka. Saya berharap upaya yang kami lakukan dapat memberikan inspirasi positif lebih luas kepada generasi muda Indonesia," ujar Fadli dalam keterangan tertulis, Selasa (13/2/2024).

Fadli menjadi perhatian di Indonesia dengan pencapaiannya di bidang energi, khususnya energi baru terbarukan. Dedikasi dan inovasinya telah menginspirasi banyak anak-anak muda di Indonesia untuk berkontribusi di isu lingkungan dan pengembangan energi bersih.

Prestasi di tingkat internasional pernah diraih Fadli dan timnya di Pertamina NRE sebagai Best Team of The Year dalam ajang Asian Excellence Management Award dalam melakukan inisiatif bisnis karbon.

Melalui kerja keras dan visinya yang jelas, Fadli mengantarkan Pertamina NRE menjadi perintis perdagangan karbon di Indonesia dengan menjadi penjual pertama di bursa karbon IDXCarbon yang diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada 26 September 2023 lalu.


Sebelum menjadi Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Bisnis Pertamina NRE, Fadli pernah ditunjuk menjadi komisaris di usianya yang terbilang muda, yakni 33 tahun. Fadli merupakan pria kelahiran Jakarta, 5 Juli 1986.

Dikutip dari laman resmi PHE, Fadli menjabat sebagai Komisaris PT Pertamina Hulu Energi sejak tanggal 20 Januari 2020.

Fadli merupakan lulusan Ekonomi Mineral dan Energi Colorado School of Mines (CSM) pada tahun 2016 (gelar Ph.D) dan 2013 (gelar M.S), sebelumnya meraih gelar Bachelor of Science di ITB pada tahun 2007.

Menjadi Principal di Boston Consulting Group dari tahun 2016, sebelumnya Fadli juga dipercaya sebagai senior field engineer di Schlumberger tahun 2008 - 2011 dan reservoir engineer di Conoco Phillips pada tahun 2007 - 2008.

https://money.kompas.com/read/2024/02/13/213000526/direktur-milenial-pertamina-nre-masuk-daftar-40-under-40-ini-profilnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke