Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Itu Keamanan Finansial dan Cara Mewujudkannya?

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain kemerdekaan finansial, salah satu hal yang menjadi tujuan banyak orang adalah keamanan finansial alias financial security.

Kebanyakan orang menganggap keamanan finansial adalah memiliki rekening tabungan yang besar, portofolio investasi yang sehat, dan masa pensiun yang nyaman.

Namun, keamanan finansial lebih dari sekedar uang. Keamanan finansial juga tentang perasaan memegang kendali atas hidup Anda dan memiliki kebebasan untuk membuat pilihan tentang bagaimana menjalaninya, apa pun keadaan saat ini.

Nah, apa itu keamanan finansial dan bagaimana cara mewujudkannya?

Dikutip dari The Balance, Senin (26/2/2024), keamanan finansial adalah ketika Anda memiliki cukup uang untuk menutupi pengeluaran bulanan dengan nyaman, pulih dari kemunduran keuangan, dan menabung untuk masa depan.

Keamanan finansial juga tentang memiliki tekanan finansial yang rendah dan perasaan mengendalikan uang Anda.

Berada dalam kondisi keamanan finansial bukan berarti memiliki penghasilan yang tinggi. Anda dapat memiliki gaji yang besar namun masih kesulitan membayar tagihan.

Misalnya, Anda memiliki dana darurat enam bulan, tidak memiliki utang kartu kredit, dan saat ini sedang menabung untuk memulai bisnis sendiri tahun depan. Ketika Anda mengalami masalah keuangan tak terduga, Anda tidak panik karena memiliki cukup uang untuk menutupinya atau mengatasinya.

Anda merasa tenang dan bertanggung jawab atas keuangannya, yang merupakan pertanda baik bahwa Anda telah mencapai keamanan finansial.

Keamanan finansial adalah faktor utama yang berkontribusi terhadap kualitas hidup Anda. Ketika Anda memiliki cukup uang untuk menutupi biaya hidup saat ini dan menabung untuk masa depan, dunia baru akan terbuka.

Ini beberapa keuntungan mencapai keamanan finansial.

  • Anda tidak lagi panik ketika terjadi kemunduran finansial.
  • Anda mempunyai cukup uang untuk berbelanja secara royal pada “keinginan” (seperti liburan atau makan malam mewah) tanpa membuat diri Anda semakin terlilit utang.
  • Anda dapat mengambil risiko dalam karier dan mengejar peluang yang membuat Anda bahagia daripada melakukan hal yang menghasilkan uang paling banyak.

Namun, hal yang perlu diingat adalah mencapai keamanan finansial mengharuskan Anda berorientasi pada masa depan. Anda harus membuat rencana keuangan untuk hidup sesuai kemampuan Anda sekarang, sehingga Anda dapat membeli kebebasan, fleksibilitas, dan pilihan di kemudian hari.

Yang paling penting, keamanan finansial adalah keadaan sejahtera. Ini tentang merasa tenang dan mengendalikan uang Anda, daripada memiliki jabatan atau gaji yang mewah namun masih berkutat dengan keuangan.

Cara mewujudkan keamanan finansial

Berikut tiga cara penting dalam mewujudkan keamanan finansial yang bisa Anda lakukan saat ini.

1. Buat rencana tabungan bulanan

Langkah pertama menuju keamanan finansial adalah menciptakan jaring pengaman yang melindungi Anda dari hal-hal yang tidak diketahui. Hal-hal tak terduga pasti akan terjadi, baik itu sesuatu yang buruk atau sesuatu yang baik.

Memiliki dana darurat untuk menutupi pengeluaran ini membantu memastikan tujuan jangka panjang Anda tidak gagal ketika terjadi kejutan.

Jika Anda tidak yakin bagaimana cara menabung lebih banyak dengan gaji saat ini, mulailah dengan rencana tabungan bulanan.

2. Bayar utang

Sulit untuk membangun keamanan finansial ketika sebagian besar gaji Anda digunakan untuk pembayaran utang setiap bulan.

Jadi, membuat rencana untuk melunasi utang, terutama yang berbunga tinggi, dapat membantu mempersiapkan Anda untuk sukses. Setelah Anda melunasi utang tersebut, Anda menggunakan uang ekstra tersebut untuk membangun keamanan finansial.

3. Berinvestasi

Berinvestasi adalah bagian penting dalam membangun kekayaan, yang menjadikannya komponen penting dalam keamanan finansial.

Namun, banyak orang enggan berinvestasi karena menganggapnya sebagai bentuk perjudian atau membutuhkan banyak uang untuk memulai. Tak satu pun dari hal ini yang benar.

Siapa pun dapat belajar cara berinvestasi. Jika Anda memerlukan bantuan, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan perencana keuangan.

Ciri-ciri Anda sudah mencapai keamanan finansial

Menjadi aman secara finansial tidak ada hubungannya dengan pendidikan, gaji, atau nilai kredit Anda. Sebaliknya, ini tentang seberapa baik Anda mengelola apa yang Anda miliki.

Umumnya, seseorang yang aman secara finansial menunjukkan empat karakteristik berikut.

  • Merasa memiliki kendali atas keuangan.
  • Dapat dengan cepat pulih dari kemunduran finansial.
  • Berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan keuangan.
  • Memiliki kemampuan finansial untuk membuat pilihan sendiri dan menikmati hidup.

https://money.kompas.com/read/2024/02/26/141510426/apa-itu-keamanan-finansial-dan-cara-mewujudkannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke