Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sebelum Kredit Mobil, Perhatikan Dulu Hal Penting Berikut

Padahal, pola konsumtif atau tidak sesuai dengan kemampuan akan menggerus kondisi finansial. Masalah gagal bayar utang juga memiliki konsekuensi yang besar, seperti masuk dalam daftar hitam Bank Indonesia, sehingga akan sulit mendapatkan pembiayaan di masa depan.

Direktur BCA Finance Petrus Karim mengatakan anak muda jangan hanya mengumpulkan uang untuk down payment (DP) saja jika ingin membeli mobil. Pikirkan juga kemampuan mencicilnya.

“Jangan hanya mengumpulkan uang untuk DP dan beli mobil (dengan harga) setinggi-tingginya, dengan angsuran besar, tapi tidak menghitung kemampuan bulanan,” kata Petrus di acara BCA Expoversary 2024, di ICE BSD Tangerang, Kamis (29/2/2024).

Menurut dia, banyak anak muda yang saat ini mengedepankan status sosial untuk menunjukkan kemampuan dan kekayaannya agar diakui dalam pergaulan.

Tapi menurut Petrus, anak muda harus tau bahwa kredit perbankan yang ditetapkan adalah sepertiga dari gaji. Hal itu dilakukan agar dua pertiga sisa pendapatan dapat digunakan untuk biaya hidup sehari-hari.

Ia menilai sangat disayangkan jika ada anak muda yang mencicil mobil padahal gaji atau pendapatannya pas-pasan. Sebab dampak yang bisa timbul bisa mengurangi anggaran untuk makan sehari-hari, atau yang paling parah adalah gagal bayar.

“Kalau angsuran terlalu besar, makan bisa seminggu sekali saja,” ujarnya sambil bergurau.

https://money.kompas.com/read/2024/03/02/110000926/sebelum-kredit-mobil-perhatikan-dulu-hal-penting-berikut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke