Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Resign dari Pekerjaan saat Terjadi 9 Hal Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Resign dari pekerjaan alias keluar dari pekerjaan mungkin adalah hal yang tidak pernah ada waktu yang tepat untuk dilakukan.

Namun demikian, ada waktu-waktu di mana Anda sebaiknya tidak memutuskan untuk resign dari pekerjaan, bahkan jika Anda benci pekerjaan itu.

Lebih baik Anda membuat keputusan yang tepat dan resign pada saat yang tepat. Jangan terburu-buru mengambil keputusan dan resign di saat yang mendesak. Hal ini dapat merugikan Anda dan berdampak negatif pada prospek karier masa depan Anda.

Pastikan untuk mempertimbangkan semua faktor dengan hati-hati ketika Anda berpikir untuk resign dan pertimbangkan pro dan kontra dari alasan resign dari pekerjaan.

Dikutip dari The Balance, Minggu (10/3/2024), berikut beberapa kondisi di mana Anda sebaiknya tidak resign dari pekerjaan.

1. Anda bertengkar dengan bos atau rekan kerja

Jika Anda mempunyai konflik di tempat kerja yang tidak dapat diperbaiki, pikirkan secara strategis cara terbaik untuk melangkah maju.

Pastikan Anda tidak membuat keputusan terburu-buru. Jajaki resign dari pekerjaan dengan cara yang baik sehingga Anda mendapatkan referensi positif.

2. Anda tidak memiliki pekerjaan lain

Tidak selalu mudah untuk mendapatkan pekerjaan, dan akan lebih sulit untuk mendapatkan pekerjaan ketika Anda tidak punya pekerjaan dan putus asa. Faktor-faktor seperti pasar kerja yang menurun atau pekerjaan Anda yang tidak diminati dapat menjadikan perjuangan ini sulit.


Tunda resign sampai Anda mendapat kepastian bekerja di tempat lain jika Anda berada di industri dengan prospek pekerjaan yang buruk.

3. Anda akan dipecat

Ada pro dan kontra untuk resign sebelum hal itu terjadi jika Anda merasa akan dipecat atau diberhentikan. Jika Anda resign, Anda tidak perlu menjelaskan kepada calon perusahaan selama wawancara kerja bahwa Anda dipecat.

Lebih mudah untuk menjelaskan alasan resign daripada dipecat.

Selain itu, Anda sudah yakin akan terjadi PHK di masa depan, mungkin lebih baik menunggu sampai hal itu terjadi. Anda mungkin ditawari paket pesangon yang akan membantu Anda beralih ke pekerjaan baru.

4. Anda sedang dalam antrean untuk mendapatkan promosi jabatan

Apakah ada promosi jabatan yang akan terjadi di kantor Anda? Anda mungkin ingin mencantumkan jabatan yang lebih baik itu di CV Anda.

Ini akan memberi Anda peluang tambahan ketika Anda siap untuk mulai mencari pekerjaan, dan Anda bahkan mungkin cukup menyukai pekerjaan baru tersebut sehingga Anda memutuskan untuk tidak resign.

5. Anda tidak memiliki dana darurat

Apakah Anda memiliki dana darurat yang cukup untuk menutupi pengeluaran Anda selama satu atau dua bulan atau enam bulan?

Ingatlah bahwa meskipun Anda direkrut dengan cukup cepat, pekerjaan tersebut mungkin tidak segera dimulai dan Anda mungkin harus membayar beberapa tagihan.

Apakah Anda memiliki gagasan yang jelas tentang langkah selanjutnya dalam jalur karier Anda? Anda mungkin perlu melakukan riset karier sebelum mulai mencari pekerjaan jika Anda tidak yakin.

Cobalah untuk mencari tahu pilihan karier selagi Anda masih memiliki pekerjaan.

7. Anda akan mendapat bonus

Apakah perusahaan memberikan bonus tahunan? Anda mungkin tidak berhak menerima hak Anda jika Anda berhenti sesaat sebelum pembagian bonus.

Faktanya, Anda mungkin tidak perlu resign. Tunda sampai setelahnya untuk memastikan Anda mendapatkan bonus.

8. Anda sedang mengerjakan proyek besar

Ini mungkin saat yang tepat bagi Anda untuk resign, namun bisa juga menjadi saat terburuk bagi atasan dan tim jika Anda baru saja atau tengah mengerjakan proyek besar.

Kecuali jika Anda harus berhenti karena masalah keselamatan, kesehatan, atau kesejahteraan pribadi, berhenti tepat setelah Anda setuju untuk mengambil proyek besar dapat berdampak buruk pada Anda dan menghilangkan referensi yang baik.

Periode pemberitahuan standar resign setidaknya dua minggu. Anda harus mempertimbangkan untuk memberikan informasi lebih lanjut kepada atasan jika Anda baru saja setuju untuk mengambil suatu proyek.

9. Anda akan punya bayi atau akan memilikinya

Anda mungkin berhak atas cuti berbayar atau tidak jika Anda sedang hamil atau memiliki bayi. Periksa apa yang terjadi pada kelayakan Anda sebelum Anda memutuskan untuk resign saat Anda sedang cuti hamil.

Masuk akal untuk menunggu dan menyerahkan pengunduran diri Anda ketika Anda mendekati akhir masa cuti Anda.

https://money.kompas.com/read/2024/03/10/142800526/jangan-resign-dari-pekerjaan-saat-terjadi-9-hal-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke