Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemilu Rampung, Bos BI Sebut Investasi Kembali Menggeliat

Kembali menggeliatnya kinerja investasi terefleksikan dari meningkatnya kebutuhan belanja modal atau capital expenditure (capex) pelaku usaha untuk mendukung operasionalnya.

"Untuk kegiatan investasi sekarang kami sudah lihat, kami lihat geliat investasi sudah mulai meningkat," kata dia, dalam konferensi pers, di Gedung BI, Jakarta, Rabu (20/3/2024).

Perry mengakui, kebutuhan capex pelaku usaha sempat menurun, seiring dengan sikap pelaku industri yang cenderung "wait and see" sebelum Pemilu 2024 dilaksanakan.

"Tapi beberapa waktu terakhir capital expenditure meningkat, sehingga ini menunjukan pola wait and see perusahaan sudah berubah," ujarnya.

Peningkatan kebutuhan capex pun terefleksikan dari penyaluran kredit investasi yang tumbuh signifikan pada Februari lalu, yakni mencapai 11,82 persen.

Bank sentral mencatat, sektor-sektor industri yang kembali menginjak gas-nya diantaranya ialah industri hilirisasi mineral dan batu bara (minerba), makanan dan minuman, perdagangan besar, transportasi, komunikasi, hingga jasa hotel, restoran, dan kafe.

"Sehingga itu kenapa pertumbuhan kredit investasi sudah mulai tinggi di komponen-komponen tadi itu sudah terjadi peningkatan," ucap Perry.

BI pun meyakini, investasi akan kembali menjadi salah satu motor utama penggerak perekonomian nasional, sehingga target pertumbuhan ekonomi di kisaran 4,7 hingga 5,5 persen dapat terealisasi.

https://money.kompas.com/read/2024/03/21/060000026/pemilu-rampung-bos-bi-sebut-investasi-kembali-menggeliat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke