Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemerintah Prediksi 4.000 Mobil Listrik Dipakai Mudik

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memperkirakan 4.000 mobil listrik bakal digunakan untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran 2024. Jumlah itu sekitar 18 persen dari total populasi mobil listrik di Indonesia yang saat ini mencapai 23.238 unit.

Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritian dan Investasi, Rachmat Kaimuddin mengatakan, proyeksi itu merupakan angka konservatif.

Lantaran, umumnya pembelian mobil listrik merupakan mobil kedua atau mobil tambahan, bukan mobil utama yang mereka gunakan sehari-hari.

Kasubdit Uji Tipe Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Yusuf menambahkan, perjalanan mudik Lebaran tidak hanya sebatas perjalanan jarak jauh antar-kota, melainkan juga perjalanan lokal.

"Artinya kendaraan listrik berbasis baterai itu bukan hanya untuk pelaksanaan luar kota saja, tetapi juga lebih kepada silaturahmi pada saat Lebaran nantinya," kata dia.

Kemenhub pun mengapresiasi Kementerian ESDM dan PT PLN (Persero) yang telah menyiapkan infrastruktur pengisian ulang yakni Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di berbagai wilayah Indonesia.

Saat ini ada sebanyak 1.299 SPKLU yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, baik yang dikelola oleh PLN maupun mitra perusahaan.

Terdiri dari 899 SPKLU berada di Pulau Jawa, 152 SPKLU di Sumatera, 55 SPKLU di Kalimantan, 64 SPKLU di Sulawesi, 87 SPKLU di Bali, 8 SPKLU di Maluku, 27 SPKLU di Nusa Tenggara, 7 SPKLU di Papua.


Adapun sebanyak 239 SPKLU di antaranya berlokasi di 104 rest area jalan tol yang diharapkan dapat memfasilitasi pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.

https://money.kompas.com/read/2024/04/04/210654926/pemerintah-prediksi-4000-mobil-listrik-dipakai-mudik

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke