Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jasa Marga: 48 Persen Pemudik Belum Kembali ke Jabotabek

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memperkirakan puncak arus balik di jalan tol akan terjadi pada hari ini, Senin (15/4/2024).

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan, sebanyak 961.000 kendaraan telah kembali ke Jakarta selama 10 sampai 14 April 2024 melalui Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama, GT Kalihurip Utama, GT Ciawi, dan GT Cikupa.

Realisasi volume lalu lintas itu merupakan 52 persen dari total prediksi 1,87 juta kendaraan yang akan kembali ke Jabotabek pada periode 10 sampai 18 April 2024.

Pada puncak arus balik ini, pihaknya memperkirakan KM 66 Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta akan menjadi titik krusial.

Pasalnya, pada titik itu menjadi tempat pertemuan lalu lintas dari arah Trans Jawa dan Bandung.

Untuk mengantisipasi kepadatan di titik krusial itu, Jasa Marga akan mendukung rekayasa lalu lintas atas diskresi Kepolisian, menambah lajur transaksi di gerbang tol, pengalihan lalu lintas menuju jalur fungsional Japek II Selatan, dan menyiapkan sarana di lajur contraflow.

Sementara untuk mengantisipasi kepadatan di GT Cikatama arah Jakarta, pihaknya telah memaksimalkan seluruh lajur transaksi hingga 35 lajur dengan penyiagaan 28 mobile reader dan petugas bantu transaksi.

Untuk mewujudkan perjalanan arus balik yang lancar dan aman, Jasa Marga juga terus berkolaborasi dengan para stakeholder terkait seperti Korlantas Polri, Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Kementerian BUMN, dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lainnya.

Selain upaya antisipasi, dia juga mengimbau pemudik untuk menyiapkan perjalanan dengan memastikan kondisi pengemudi dan kendaraan dalam keadaan prima dan laik jalan, mempersiapkan perbekalan, memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik.

https://money.kompas.com/read/2024/04/15/214818426/jasa-marga-48-persen-pemudik-belum-kembali-ke-jabotabek

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke