Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resmi Melantai di BEI, Saham MHKI Ambles 9,3 Persen

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Multi Hanna Kreasindo Tbk (MHKI) resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (16/4/2024).

Di awal perdagangan harga saham MHKI ambles 9,3 persen ke level Rp 145, setelah sempat naik ke level Rp 170 per saham. Emiten di sektor industri ini menerapkan harga IPO senilai Rp 160 per saham.

Direktur Utama MHKI Shahabuddin mengatakan, peran serta MHKI di industri pasar modal nasional melalui pencatatan saham di BEI merupakan bagian dari upaya perseroan untuk memberikan solusi dalam menjaga kelestarian bumi.

“Sebagai perusahaan yang berdiri sejak 19 tahun lalu, MHKI telah menunjukkan konsistensi dan komitmen untuk mencarikan jalan keluar bagi sejumlah perusahaan dalam mengatasi persoalan limbah proses produksi,” kata Shahabuddin di Main Hall BEI.

Dia mengatakan, pencatatan saham MHKI di BEI pada hari ini menjadi langkah penting bagi perusahan untuk secara konsisten menjaga bumi dari pencemaran limbah.

“Diharapkan keputusan go public ini mampu mendorong perkembangan dan pertumbuhan bisnis perseroan di masa mendatang,” lanjutnya.

Berdasarkan prospektus, MHKI melepas 750 juta saham baru yang merupakan saham biasa atas nama atau sebanyak 20 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan setelah penawaran umum yang dikeluarkan dari simpanan (portepel) perseroan yang ditawarkan kepada masyarakat.

Adapun jumlah seluruh nilai penawaran umum sebanyak sebesar Rp 120 miliar. Dari nilai tersebut, sekitar 97,9 persen dana IPO akan digunakan untuk belanja modal perseroan yang tergolong dalam Capital Expenditure (CAPEX).

Sementara sisanya akan digunakan untuk modal kerja (Working Capital), atau penambahan persediaan bahan baku dan biaya operasional.

Selama sembilan bulan pertama 2023, MHKI membukukan pendapatan Rp 108 miliar atau bertumbuh 13,3 persen dibandingkan dengan periode yang sama di 2022 sebesar Rp 95,32 miliar.

Sementara itu, laba bersih untuk periode yang berakhir 30 September 2023 tercatat Rp 23,25 miliar atau lebih rendah 5,56 persen dibandingkan periode yang sama di 2022 senilai Rp 24,62 miliar.

Net profit margin (NPM) MHKI pada Kuartal III-2023 berada dalam kategori yang tinggi, yakni sebesar 21,53 persen.

“Seluruh dana hasil IPO tersebut akan memperkuat kinerja bisnis perseroan,” tegas dia.

https://money.kompas.com/read/2024/04/16/105600226/resmi-melantai-di-bei-saham-mhki-ambles-9-3-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke