Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER MONEY] Kartu Prakerja Gelombang 66 Dibuka | Luhut dan Menlu China Bahas Kelanjutan Kereta Cepat Sambil Makan Durian

1. Kartu Prakerja Gelombang 66 Resmi Dibuka, Berikut Persyaratannya

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 66 resmi dibuka pada Jumat (19/4/2024).

Pengumuman tersebut disampaikan melalui akun Instagram resmi Kartu Prakerja @prakerja.go.id pada Jumat.

"Gelombang 66 sudah dibuka! Klik gabung gelombang sekarang di dashboard akun Prakerja kamu!," tulis akun Instagram resmi Prakerja, Jumat.

Nah, apa saja syarat Kartu Prakerja gelombang 66? Silakan baca selengkapnya di sini.

2. Sambil Makan Durian, Luhut dan Menlu China Bahas Kelanjutan Kereta Cepat

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi di kawasan wisata Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Kamis (18/4/2024).

Luhut mengatakan, dirinya dan Wang Yi membahas kelanjutan proyek Kereta Cepat Indonesia-China dan berbagai hal penting lainnya sambil memakan durian.

Adapun kunjungan Wang Yi ini bagian dari Dialog Tingkat Tinggi dan Mekanisme Kerja Sama keempat Indonesia-China (HDCM).

Selengkapnya, silakan baca di tautan ini.

3. BUMN Farmasi Ini Akui Tak Sanggup Bayar Gaji Karyawan sejak Maret 2024

Kisah tunggakan hak pekerja perusahaan pelat merah kembali muncul. Jika sebelumnya menimpa PT Dirgantara Indonesia (PTDI), kali ini terjadi di BUMN farmasi PT Indofarma.

Tunggakan gaji dan THR karyawan yang belum terbayar awalnya ramai di media sosial. Di lini masa, banyak beredar video dan foto yang menunjukan para karyawan membentangkan tulisan menuntut perusahaan segera membayar gaji dan THR.


Manajemen PT Indofarma Tbk membenarkan jika pihaknya belum membayarkan upah ke karyawan pada periode Maret. Hal itu disampaikan perusahaan melalui keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI).

Baca selengkapnya dengan klik di sini.

4. Dollar AS Tembus Rp 16.200, Kemenkeu Antisipasi Bengkaknya Bunga Utang

Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS dinilai berpotensi memberikan beban tambahan terhadap anggaran biaya utang pemerintah, khususnya yang berbentuk valuta asing atau valas.

Namun demikian, Direktur Surat Utang Negara Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Deni Ridwan mengatakan, dampak dari depresiasi nilai tukar rupiah saat ini terhadap beban pembiayaan utang pemerintah masih bisa dikendalikan.

Hal itu seiring dengan semakin kecilnya porsi utang pemerintah dalam bentuk valas. Sampai dengan saat ini komposisi utang pemerintah berbentuk valas mencapai 28 persen dari total utang pemerintah.

Silakan baca selengkapnya di sini.

5. Harga Emas Dunia Terus Menguat di Tengah Ketegangan Konflik Iran dan Israel

Harga emas dunia menguat pada akhir perdagangan Kamis (18/4/2024) waktu setempat atau Jumat (19/4/2024)) pagi waktu Indonesia karena masih berlanjutnya ketegangan di Timur Tengah.

Mengutip CNBC, harga emas di pasar spot naik 1 persen ke level 2.384,83 dollar AS per ons. Sementara harga emas berjangka Comex New York Exchange naik 0,4 persen ke level 2.397,30 dollar AS per ons.

Daya tarik logam mulia menguat di tengah ketegangan geopolitik yang terjadi antara Iran dan Israel, meskipun data ekonomi yang kuat dari Amerika Serikat (AS) telah menekan prospek penurunan suku bunga dalam waktu dekat.

Baca selengkapnya di tautan ini.

https://money.kompas.com/read/2024/04/20/083012326/populer-money-kartu-prakerja-gelombang-66-dibuka-luhut-dan-menlu-china-bahas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke