Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengintip "Virtual Assistant," Pekerjaan yang Bisa Dilakukan dari Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan teknologi membuat berbagai pekerjaan dapat dilakukan secara jarak jauh, menghadirkan profesi-profesi baru yang sebelumnya belum ada.

Salah satu profesi tersebut, virtual assistant, yang kini banyak dicari oleh perusahaan dan eksekutif bisnis. Virtual assistant adalah seseorang yang memberikan layanan administratif dan dukungan bisnis kepada individu atau perusahaan dari jarak jauh.

Perusahaan-perusahaan semakin tertarik dengan peran virtual assistant karena dinilai lebih efektif dan efisien.

Seorang virtual assistant tidak memerlukan ruang kantor khusus seperti asisten tradisional. Sehingga, perusahaan tidak perlu mengeluarkan uang untuk memperluas ruang kantor.

Virtual assistant dapat melakukan tugas-tugas tertentu yang diminta oleh perusahaan atau klien individu untuk mendukung operasi bisnis mereka.

Tania Gromenko, CEO SGB VA, penyedia kursus untuk menjadi virtual assistant menyatakan bahwa perubahan pola kerja yang memungkinkan kerja remote telah memperluas peran yang dapat diberikan kepada virtual assistant.

“Saat ini, virtual assistant dapat menjalankan berbagai peran, mulai dari menjadi asisten pribadi, melakukan entry data, mengelola media sosial, melayani pelanggan, mengelola e-mail, melakukan penjadwalan dan masih banyak lagi," kata Gromenko dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/5/2024).

Dia juga menambahkan, menjalankan profesi virtual assistant kian menarik bagi mereka yang membutuhkan keleluasaan dalam mengelola waktu.

“Seperti yang kita ketahui bersama, ada banyak orang yang membutuhkan fleksibilitas waktu dalam melakukan pekerjaan mereka. Tidak jarang kita bisa menemukan virtual assistant dengan klien yang berasal dari negara berbeda," tutur Gromenko.

Melihat supply dan demand yang tersedia saat ini, imbuh Gromenko, pihaknya hadir untuk bisa menyediakan virtual assistant berkualitas.

“SGB VA hadir untuk memberi pengetahuan dan membekali talenta dengan keterampilan yang diperlukan untuk berhasil dalam profesi ini. Dengan demikian, virtual assistant dapat melayani klien dari berbagai negara di dunia dari jarak jauh," jelasnya.

Gromenko menyatakan, pihaknya telah meluluskan 18 angkatan kursus kami dan memiliki lebih dari 10,000 peserta online.

"Besarnya populasi dan banyaknya individu berbakat yang siap bekerja di Indonesia menjadikan profesi ini cocok dengan kebutuhan kerja para profesional di tanah air,” ucapnya.

Untuk diketahui, virtual assistant dapat bekerja kontrak dengan beberapa klien atau sebagai karyawan di suatu perusahaan.

Tidak jarang juga ada yang berstatus sebagai freelance, berpindah kontrak dari perusahaan ke perusahaan lain. Akan tetapi, bagi para talenta berkualitas yang membutuhkan fleksibilitas, profesi ini tentu layak untuk dicoba agar bisa mendongkrak pundi-pundi pemasukan.

https://money.kompas.com/read/2024/05/18/162800126/mengintip-virtual-assistant-pekerjaan-yang-bisa-dilakukan-dari-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke