Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penerbangan Haji Banyak "Delay", Garuda Pastikan 1 Pesawat Sewaan Tiba Pekan Ini

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, satu pesawat yang belum datang ini menyebabkan banyak penerbangan haji Garuda mengalami keterlambatan karena kekurangan armada.

Terlebih, saat ini perseroan juga menghentikan sementara operasional (grounded) pesawat Boeing 747-400 sebagai angkutan haji lantaran mesinnya sempat mengeluarkan api saat mengangkut jemaah haji dari Makassar pada Rabu (15/5/2024). Padahal pesawat ini memiliki kapasitas besar yakni dapat mengangkut 450 jemaah haji.

"Kami juga mengakui memang ada banyak sekali penerbangan delay akibat ada 1 pesawat yang kita sewa yang sampai hari ini belum sampai. Direncanakan 22 Mei akan sampai mendarat di Indonesia dan akan kita gunakan," ujarnya saat rapat dengar pendapat dengan Komisi VIII DPR RI di Gedung DPR, Jakarta, Senin (20/5/2024).

Adapun Garuda Indonesia telah menyewa 9 pesawat untuk melayani angkutan haji tahun ini, namun sampai saat ini baru 8 pesawat yang tiba dan dioperasikan.

Diperkirakan pesawat yang disewa dari maskapai asal Romania yakni Legend Air ini akan tiba di Indonesia pada 22 atau 28 Mei 2024.

"Sertifikasinya belum selesai, tapi semua sudah kita cek, sudah oke semuanya. Jadi, mengakibatkan delay di beberapa penerbangan tapi manageable. Eggak, ada masalah dengan dana," jelasnya.

Hal ini juga sempat disinggung oleh Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Mochamad Mauludin pada kesempatan yang sama. Dia bilang, pesawat sewaan ini masih menunggu sertifikat kelaikudaraan (Certificate of Airworthiness/C of A).

"Kendala teknis yang terjadi selama penerbangan haji ini sampai dengan 19 Mei khusus untuk yang dioperasikan garuda di antaranya satu unit tipe A340 yang disewa Garuda dari Legend Air menunggu penerbitan C for A dari negara Romania," ucap Mauludin.

Dia menambahkan, selama menunggu pesawat tersebut datang, Garuda Indonesia melakukan perubahan rotasi pesawat sebagai berikut.

Pesawat Airbus 330-200 dari Bandara Kualanamu, Sumatera Utara digeser ke Bandara Adi Soemarmo, Jawa Tengah menggunakan pesawat backup Boeing 777-300. Selanjutnya, pesawat Airbus 330-300 dari Bandara Adi Soemarmo digeser ke Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan.

"(Perubahan rotasi peswat ini) sampai dengan pesawat A340 tiba di Indonesia," kata Mauludin.

https://money.kompas.com/read/2024/05/21/181045526/penerbangan-haji-banyak-delay-garuda-pastikan-1-pesawat-sewaan-tiba-pekan-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke