Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mendag Zulhas Targetkan Perundingan IEU-CEPA Rampung Sebelum Oktober 2024

Adapun perundingan IEU Cepa sudah memasuki putaran ke-18 dan masih meninggalkan 10 isu yang masih perlu dirundingkan dengan Uni Eropa.

“Mudah-murahan sebelum lengser bisa kita selesaikan sebelum Oktober, saya kejar Juni ini tapi saya minta ke Pak Djatmiko (Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional),” ujarnya usai melakukan pembukaan TEI di Jakarta, Jumat (31/5/2024).

Untuk diketahui 10 isu yang masih belum berhasil dirundingkan di antaranya Trade in Goods, State-Owner Enterprises, Government Procurement, hingga Trade in Services.

Sementara isu yang berhasil dirundingkan ada sebanyak 11 isu yakni Customs and Trade Facilitation, Trade Reemedies, Economic Cooperation and Capacity Building, Technicial Barriers to Trade (TBT), Sanitary and Phytosanitary, Small end Medium Enterprises, dan Dispute Settlement.

Kemudian isu mengenai Institutional and Final Provisions (IFP), Transparency, Good Regulatory Practices, dan Sustainable Food System (SFS).

Sebelumnya, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyatakan Perundingan Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA) Putaran ke-18 berjalan dengan baik dan mencapai banyak kemajuan.

Deputi Bidang Koordinasi Kerjasama Ekonomi Intenasional Kemenko Perekonomian Edi Prio Pambudi mengatakan, jika dibandingkan dengan perundingan pada putaran sebelumnya, kesepakatan yang diraih hanya 8 isu, di perudingan yang ke-18 berhasil menyelesaikan 11 isu.

“Perundingan yang berlangsung tanggal 13-17 Mei 2024 kemarin secara umum berjalan dengan baik dan mencapai banyak kemajuan. Kalau di putaran sebelumnya ada 8 isu yang sudah dirundingkan, terbaru ada 11 isu yang berhasil kta rundingkan yang kemarin sempat menggantung,” ujarnya dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (30/5/2024).

https://money.kompas.com/read/2024/05/31/143900026/mendag-zulhas-targetkan-perundingan-ieu-cepa-rampung-sebelum-oktober-2024

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke