Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dorong Ekspor Nasional, Bank Mandiri Dukung Trade Expo Indonesia 2024 dan Hadirkan Pelayanan bagi Eksportir

KOMPAS.com - Sebagai agen pembangunan, Bank Mandiri berkomitmen mendorong transaksi ekspor impor dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. 

Salah satu upaya bank berlogo pita emas itu adalah mendukung penuh penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) 2024 oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang akan digelar pada Oktober 2024.

Pameran tahunan itu mempromosikan produk-produk unggulan Indonesia kepada pasar global dan memfasilitasi pertemuan antara pelaku bisnis dalam dan luar negeri untuk menjalin kerja sama dagang dan investasi. 

Kemendag menargetkan potensi transaksi pada TEI ke-39 itu mencapai 15 miliar dollar Amerika Serikat (AS) dari 1.000 exhibitor lebih. 

Sementara itu, target pengunjung untuk TEI tahun ini sebanyak 30.000 orang.

Senior Vice President Government Solution Bank Mandiri Aland Rinny Pattity menyatakan, pihaknya akan terus berkontribusi memperkuat ekosistem perdagangan nasional dalam memajukan Indonesia di panggung internasional. 

Oleh sebab itu, bank bersandi saham BMRI itu menyediakan layanan perbankan yang komprehensif bagi pelaku bisnis dalam menjalankan trade finance. 

Dari segi inovasi, Bank Mandiri juga menjadi salah satu bank paling aktif di Indonesia yang mengoptimalkan fitur digital untuk nasabah wholesale atau korporasi. 

Hal itu terlihat dari digital super platform Kopra by Mandiri yang disambut antusias para nasabah sejak diluncurkan.

Aland mengatakan, Bank Mandiri Kopra by Mandiri juga bisa dimanfaatkan para pelaku ekspor impor. 

“Kopra by Mandiri mendukung efisiensi perdagangan dengan menyediakan kemudahan navigasi dan operasional transaksi nasabah, dimulai sejak pembukaan rekening giro, inquiry akses layanan e-channel trade, cash-management, hingga layanan valuta asing,” paparnya.

Bank Mandiri juga menawarkan berbagai layanan di setiap tahapan bisnis nasabah, baik menggunakan metode pembayaran documentary credit, documentary collection, hingga open account. 

Selain layanan, Bank Mandiri menyiapkan solusi pembiayaan di setiap aktivitas bisnis nasabah mulai dari barang akan dikapalkan (pre-shipment financing), in-transit, hingga setelah pengiriman (post-shipment financing). 

Dengan Kopra by Mandiri, nasabah dapat memantau transaksi secara real-time serta mengakses dan mendapatkan pencairan pembiayaan secara same day service.  

Mendukung kegiatan ekspor 

Sejalan dengan tren global yang menunjukan dominasi dan peningkatan penggunaan metode pembayaran non letter of credit, Bank Mandiri turut mendorong pembiayaan transaksi non letter of credit yang nilainya lebih besar jika dibandingkan pembiayaan transaksi letter of credit. 

Bank Mandiri tidak hanya mendukung kegiatan ekspor, tetapi juga memperkuat sektor logistik yang merupakan elemen penting dalam rantai pasokan perdagangan. 

Salah satu solusi yang ditawarkan adalah otomasi pembayaran tagihan jasa kepelabuhanan melalui layanan Kopra Auto Collection yang terintegrasi dengan sistem port operator. 

Layanan itu memberikan kemudahan bagi port operator maupun shipping company untuk melakukan pembayaran tagihan dengan seamless dan real-time. 

Hal itu diwujudkan dengan adanya Mandiri Logistic Solutions yang merupakan solusi transaksi atas aktivitas kepelabuhanan dan logistik.

Untuk melengkapi solusi transaksi dan mendukung terciptanya cashless society, Bank Mandiri juga menawarkan Kopra Dashboard Port Solution.

Layanan itu dapat memberikan kemudahan monitoring atas transaksi logistik yang dilakukan melalui Kopra Auto Collection dan Port Community Card. 

Dengan solusi berbasis sektor itu, Bank Mandiri berharap dapat meningkatkan efisiensi dan kemudahan dalam transaksi pembayaran di sektor logistik dan kepelabuhan.  

Selain itu, Bank Mandiri juga menawarkan Port Community Card, sebuah solusi pembayaran jasa yang menggunakan kartu debit khusus. 

Kartu itu hanya bisa digunakan di wilayah kepelabuhan dan wilayah kargo bandara untuk mempermudah integrasi pembayaran dan pembiayaan bagi pelaku usaha di sektor kepelabuhan. 

“Dengan kehadiran Kopra by Mandiri, nasabah dapat secara mudah mengelola informasi transaksi, hingga laporan secara terpadu, cepat, aman, serta nyaman di dalam satu platform yang efisien dan terintegrasi,” jelas Aland.

Adapun hingga Maret 2024, Kopra by Mandiri ini telah digunakan lebih dari 182.000 pengguna dengan peningkatan frekuensi sebesar 19,4 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya. 

Kopra by Mandiri juga berhasil meningkatkan transaksi mencapai Rp 19.100 triliun sekaligus menjadi nilai transaksi digital tertinggi untuk bisnis wholesale. 

Kopra by Mandiri mendukung pula efisiensi perdagangan dengan menyediakan kemudahan navigasi dan operasional transaksi nasabah.

Sebab, nasabah bisa menggunakan layanan itu untuk pembukaan rekening giro, inquiry akses layanan e-channel trade, cash-management, hingga layanan valuta asing. 

Nasabah bisa merasakan kemudahan registrasi secara mandiri dengan mengisi formulir elektronik pada kopra.bankmandiri.co.id.

https://money.kompas.com/read/2024/05/31/170047726/dorong-ekspor-nasional-bank-mandiri-dukung-trade-expo-indonesia-2024-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke