Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartu ATM Mandiri Terblokir Karena Saldo Habis?

Kompas.com - 23/06/2024, 21:16 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Banyak nasabah yang mungkin masih awam apakah kartu ATM mandiri terblokir karena saldo habis?

Pada dasarnya, apabila rekening memiliki saldo yang cukup, rekening ATM Anda tidak akan terblokir walaupun tidak diisi selama beberapa bulan.

ATM memang tidak terblokir, namun jika saldonya sudah mencapai di bawah batas minimum yang ditetapkan, maka kartu ATM tidak bisa digunakan untuk menarik uang dari mesin anjungan tunai.

Baca juga: 7 Penyebab Kartu ATM Terblokir dan Solusinya

Jika nasabah membiarkan rekeningnya terlalu lama tanpa transaksi, maka saldo dalam rekening lama kelamaan akan habis karena terpotong biaya admin bulanan.

Saat saldo di rekening sudah habis, maka otomatis rekening nasabah akan berubah status menjadi tidak aktif alias dormant. Bila itu terjadi, praktis kartu ATM mandiri tidak bisa digunakan (ATM terblokir).

Baca juga: Jika Kartu ATM Terblokir Apakah Masih Bisa Menerima Transfer?

Bagaimana bila ATM terblokir karena saldo habis?

Jika kartu ATM Mandiri Anda terblokir karena saldo habis, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut:

1. Pastikan saldo cukup

Pertama-tama, pastikan Anda memiliki saldo yang cukup di rekening Anda. Anda bisa menambahkan saldo melalui transfer bank lain, setor tunai di kantor cabang Mandiri, atau menggunakan layanan e-wallet.

2. Hubungi call center Mandiri:

  • Telepon: Hubungi Mandiri Call di nomor 14000
  • Email: Anda juga bisa mengirim email ke Mandiri Care di care@bankmandiri.co.id.
  • Sosial Media: Bank Mandiri juga aktif di media sosial seperti Twitter (@bankmandiri) dan Facebook (Bank Mandiri).

3. Datang ke kantor cabang Mandiri:

Bawa identitas diri (KTP/SIM/Paspor) dan buku tabungan Anda. Sampaikan kepada petugas bank bahwa kartu ATM Anda terblokir dan Anda ingin mengaktifkannya kembali.

4. Ganti kartu

Jika kartu ATM Anda tidak dapat diaktifkan kembali, Anda mungkin perlu meminta kartu ATM baru di kantor cabang Mandiri terdekat.

Penting untuk selalu memastikan saldo rekening Anda cukup untuk menghindari pemblokiran kartu (kartu terblokir). Jangan panik saat kartu ATM mandiri tidak bisa digunakan.

Memangnya benar kartu ATM Mandiri terblokir karena saldo habis alias ATM terblokir?Muhammad Idris/Money.kompas.com Memangnya benar kartu ATM Mandiri terblokir karena saldo habis alias ATM terblokir?

Baca juga: Syarat Mengurus ATM Terblokir dan Tahapan Lengkapnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com