Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Kartu ATM Terblokir Apakah Masih Bisa Menerima Transfer?

Kompas.com - 23/06/2024, 20:41 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Jika kartu ATM terblokir apakah masih bisa menerima transfer? Bagi sebagian nasabah, mungkin masih awam terkait hal tersebut.

Banyak orang yang bertanya ATM ke blokir apa bisa terima transferan?

Pada dasarnya, rekening yang kartu ATM-nya terblokir, masih bisa menerima transfer uang dari rekening lainnya. Hanya saja, dana yang berada di rekening tak bisa ditarik dari mesin ATM.

Untuk penarikan dana rekening tabungan bisa tetap dilakukan, yakni melalui teller dengan membawa buku tabungan dan kartu identitas diri seperti KTP atau paspor.

Baca juga: Cara Buka Blokir ATM BCA Tanpa ke Bank dan Syarat yang Diperlukan

Blokir pada kartu ATM biasanya hanya mempengaruhi kemampuan Anda untuk melakukan transaksi menggunakan kartu tersebut, seperti penarikan uang tunai di ATM atau melakukan pembayaran di toko-toko.

Namun, rekening bank Anda masih aktif dan dapat menerima transfer dana dari rekening lain.

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan jika kartu ATM Anda terblokir:

  • Hubungi bank: Segera hubungi bank Anda untuk melaporkan kartu yang terblokir dan meminta bantuan untuk membuka blokir atau mendapatkan kartu baru.
  • Cek saldo dan transaksi: Anda masih bisa mengecek saldo dan melakukan transaksi lain melalui layanan perbankan online atau mobile banking jika tersedia.
  • Transfer dana: Jika perlu mengakses dana, Anda bisa melakukan transfer ke rekening lain melalui internet banking atau mobile banking.
  • Kunjungi kantor cabang: Anda juga bisa mengunjungi kantor cabang bank terdekat untuk mendapatkan bantuan langsung.

Meskipun kartu ATM terblokir, rekening bank Anda tetap berfungsi normal untuk menerima transfer dari sumber lain.

Baca juga: 7 Penyebab Kartu ATM Terblokir dan Solusinya

Ciri ciri ATM terblokir

Ciri ciri ATM yang terblokir dapat berbeda-beda tergantung pada kebijakan bank, namun beberapa tanda umum yang menunjukkan bahwa kartu ATM Anda terblokir meliputi:

1. Penolakan transaksi di mesin ATM

Mesin ATM menampilkan pesan seperti "Kartu Terblokir", "Transaksi Tidak Dapat Diproses", atau "Silakan Hubungi Bank Anda". Anda tidak bisa menarik uang tunai atau melakukan transaksi lainnya di ATM.

2. Penolakan pembayaran di toko atau online

Transaksi menggunakan kartu debit ditolak di tempat-tempat yang biasanya menerima kartu tersebut. Pembayaran online yang menggunakan kartu debit juga tidak berhasil.

3. Kartu tidak dapat digunakan di mesin EDC

Ciri ciri ATM terblokir yakni transaksi di mesin EDC (Electronic Data Capture) di toko atau restoran gagal dengan pesan error terkait blokir kartu.

Jadi sudah paham kan jika kartu ATM terblokir apakah masih bisa menerima transfer?

Jika kartu ATM terblokir apakah masih bisa menerima transfer? Jawabannya tentu saja masih bisa. Muhammad Idris/Money.kompas.com Jika kartu ATM terblokir apakah masih bisa menerima transfer? Jawabannya tentu saja masih bisa.

Baca juga: Cara Mudah Transfer BTN ke GoPay via ATM dan Mobile Banking

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com