Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kepala Otorita IKN Mundur, Menhub Sebut Tidak Hambat Proyek Kereta Otonom dan Bandara VVIP

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pergantian Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN tidak akan menghambat pengerjaan proyek yang dikerjakan Kemenhub.

"Enggak (terpengaruh), malah bagus," ujarnya saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (5/6/2024).

Pada kesempatan yang sama, Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menambahkan, pihaknya memastikan pembangunan kereta otonom dan Bandara VVIP di IKN akan berjalan sesuai rencana.

"Untuk ART so far semuanya on track dan bandara juga kita jalan semuanya sesuai progres sesuai rencana semua. Itu enggak ada masalah," kata Adita.

Dia mengungkapkan, Kemenhub telah berkoordinasi dengan Otorita IKN untuk membahas pembangunan ART yang saat ini sedang berjalan. Moda transportasi ini akan diuji coba pada Agustus mendatang.

Sementara proyek Bandara VVIP di IKN dimana Kemenhub bertanggung jawab membangun geudng terminal bandara, progresnya pun tidak ada kendala.

"Enggak ada masalah, semuanya sesuai rencana," tegasnya.

Sebelumnya, pemerintah mengumumkan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe mengundurkan diri dari jabatannya.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengungkapkan, beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo telah menerima surat pengunduran diri dari Dhony, disusul oleh surat pengunduran diri Bambang.

"Beberapa waktu lalu Pak Presiden menerima surat pengunduran diri dari Wakil Kepala Otorita IKN, Pak Dhony Rahajoe. Kemudian beberapa waktu berikutnya Pak Presiden juga menerima surat pengunduran diri dari Pak Bambang Susantono," kata Pratikno dalam konferensi pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/6/2024).

Selanjutnya, Presiden Jokowi menunjuk Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita IKN. Sementara itu, Wakil Menteri Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni diangkat sebagai Plt Wakil Kepala Otorita IKN.

https://money.kompas.com/read/2024/06/05/181200026/kepala-otorita-ikn-mundur-menhub-sebut-tidak-hambat-proyek-kereta-otonom-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke