Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Update PPPK 2024, Naskah Soal Seleksi Sudah Diterima Panselnas

Dikutip dari laman resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB), naskah soal untuk rekrutmen PPPK tersebut ditulis oleh 38 perguruan tinggi se-Indonesia.

Naskah soal telah diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Suharti kepada Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Abdul Hakim, di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, pada Selasa (4/6/2024).

Soal seleksi kompetensi PPPK 2024

Dituliskan bahwa naskah soal untuk seleksi PPPK tahun ini terdiri dari seleksi kompetensi manajerial, kompetensi sosial kultural, dan wawancara, serta seleksi kompetensi teknis.

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengapresiasi tim penyusun naskah soal yang telah bekerja keras demi menciptakan ASN yang berkualitas.

“Panselnas dan tim penyusun naskah soal telah berkomitmen agar transformasi ASN bisa diwujudkan sejak tahap awal seleksi,” kata Anas dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Kamis (6/6/2024).

Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Abdul Hakim menegaskan, soal seleksi PPPK ini disusun secara objektif dan profesional.

Naskah soal diserahkan dalam bentuk dokumen digital terenkripsi untuk mencegah kebocoran data.

“Kami menjamin objektivitas, akuntabilitas, dan kerahasiaan soal-soal ini,” tegas Hakim.

Soal seleksi yang akan diujikan diharapkan mampu menyaring calon peserta seleksi CASN, sehingga menghasilkan ASN yang memiliki karakteristik selaku pelayan publik.

Selain itu, seleksi CASN 2024 diharapkan akan menghasilkan ASN yang mampu berperan sebagai perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Serta diharapkan bisa menciptakan ASN yang memiliki keterampilan, keahlian, dan perilaku sesuai dengan tuntutan jabatan, serta memiliki kemampuan mengakselerasi fungsi dan tugas organisasi,” ungkap Hakim.

Sebagai informasi, Panselnas terdiri atas Kementerian PANRB, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), serta Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Instansi-instansi tersebut terlibat dalam pengawasan dan pengamanan kegiatan penyusunan serta transfer naskah soal seleksi ASN.

Secara terpisah, Sekjen Kemendikbudristek Suharti menjelaskan bahwa naskah soal CASN 2024 telah dilakukan pendampingan dan penjaminan mutu oleh Pusat Asesmen Pendidikan Kemdikbudristek sebagai ahli konstruksi soal.

Menurut dia, soal-soal tersebut juga sudah melalui proses telaahan oleh para ahli dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa untuk memastikan bahwa soal yang disusun sesuai dengan kaidah bahasa yang benar.

“Keseluruhan proses penyusunan soal telah menggunakan sistem pengamanan teknologi yang digawangi oleh BSSN, serta diawasi oleh Kementerian PANRB, BKN, BRIN, dan BPKP,” pungkas Suharti.

https://money.kompas.com/read/2024/06/06/174459926/update-pppk-2024-naskah-soal-seleksi-sudah-diterima-panselnas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke