Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

KM Umsini Terbakar, Kemenhub Tunggu Hasil Penyelidikan

Kepala Bagian Organisasi dan Humas Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Hary Bowo Seno Putro mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu hasil penyelidikan untuk mengetahui penyebab kebakaran.

"Kami menunggu hasil penyelidikan penyebab kebakaran dari pihak yang berwenang," ujar Hary dalam keterangannya kepada Kompas.com, Minggu (9/6/2024).

Berdasarkan laporan yang diterima Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, terbakarnya KM Umsini terjadi pada pukul 04.20 WITA ketika kapal sedang sandar di Pelabuhan Soekarno Hatta.

Kemudian pada pukul 09.00 WITA api berhasil dipadamkan oleh para anak buah kapal (ABK) KM Umsini. Kemenhub telah menyiapkan 8 unit mobil pemadam kebakaran untuk membantu proses pemadaman.

"Dilaporkan tidak ada korban jiwa akibat insiden ini karena proses penanganan yang dilakukan dengan cepat oleh para ABK dan evakuasi penumpang berjalan dengan lancar," ucapnya.

Kendati demikian, Kemenhub tetap meminta PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni dan para pemangku kepentingan lainnya untuk melakukan evaluasi atas insiden ini.

"Ini agar ke depan keamanan dan keselamatan dalam dunia pelayaran dapat terlaksana dan tidak terulang kembali," tuturnya.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Evan Eryanto mengatakan, kebakaran kapal ini diduga berasal dari percikan api di motor bantu yang berada di kamar mesin.

"Saat ini api sudah berhasil dipadamkan dan tidak ada korban jiwa," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (9/6/2024).

Dia melanjutkan, para penumpang pun telah diturunkan dari kapal ke dermaga bersamaan saat api dipadamkan.

Adapun saat kejadian terdapat 1.677 orang penumpang di atas kapal dengan tujuan Makassar, Surabaya, Kijang, dan Jakarta. Untuk penumpang lanjutan akan diangkut menggunakan kapal PELNI lainnya yang akan melalui Makassar.

"Untuk penumpang tujuan Surabaya dan Kijang akan diangkut menggunakan KM Labobar pada Selasa (11/6), sementara penumpang lanjutan ke Jakarta akan dibawa KM Dorolonda di hari yang sama, seluruhnya berangkat dari Makassar," ungkapnya.

Meski tidak ada korban jiwa, namun Pelni akan memeriksa dampak dan penyebab kebakaran lebih lanjut setelah proses pendinginan selesai.

Untuk itu, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait.

https://money.kompas.com/read/2024/06/09/210000026/km-umsini-terbakar-kemenhub-tunggu-hasil-penyelidikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke