Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenhub dan US Coast Guard Jajaki Peluang Kerja Sama Pengembangan SDM KPLP

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) Kelas II Tanjung Perak Surabaya menerima kunjungan dari delegasi Kedubes Amerika Serikat di Jakarta dan United States (US) Coast Guard.

Kunjungan ini bertujuan untuk mempererat kerja sama maritim antara Indonesia dan AS, serta untuk berdiskusi mengenai potensi kerja sama dalam bidang pengembangan kapasitas SDM KPLP (Indonesia Sea and Coast Guard).

Kepala PPLP Kelas II Tanjung Perak, Devi A. Mamesah menyatakan, pihaknya berharap kunjungan ini dapat mempererat kerja sama yang telah lama berjalan dengan US Coast Guard.

"Yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kami dalam menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim di perairan Indonesia,” tutur Devi dalam keterangan resmi, Rabu (19/6/2024).

Selama kunjungan tersebut, delegasi Kedubes AS dan US Coast Guard mengadakan serangkaian diskusi dan bertukar pengalaman bersama dengan personel Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai kelas II Tanjung Perak terkait pelaksanaan tugas dan fungsi penjaga laut dan pantai (Indonesia Sea and Coast Guard).

Adapun topik yang dibahas meliputi penegakan hukum di laut, misi bantuan musibah pelayaran serta manajemen perawatan kapal patroli.

Selain itu, delegasi AS juga mengunjungi fasilitas dan peralatan yang dimiliki oleh Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas II Tanjung Perak.

Devi berharap kunjungan US Embassy dan US Coast Guard ke Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Tanjung Perak ini dapat menjadi langkah awal dari banyak inisiasi kolaboratif lainnya yang akan mendukung peningkatan keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim di perairan Indonesia.

https://money.kompas.com/read/2024/06/19/212400926/kemenhub-dan-us-coast-guard-jajaki-peluang-kerja-sama-pengembangan-sdm-kplp

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke