Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Soal Akuisisi Sumber Beras di Kamboja, Bos Bulog Jamin Tak Ganggu Penggilingan Padi Domestik

Dia bilang, pihaknya akan tetap memprioritaskan produksi beras di dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan Bulog.

“Kami kalau sampai di dalam negeri produksinya ada, pasti kita enggak ambil (beras) ke sana, yah kenapa harus khawatir,” ujarnya usai melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi IV DPR RI, bersama dengan Bulog, Bapanas, dan Menteri Pertanian di Jakarta, pada Kamis (20/6/2024).

Nantinya, sebut Bayu, saat produksi dalam negeri mencukupi, Bulog bisa menjual beras dari Kamboja ke pasar internasional. Dengan begitu, Bulog bisa memiliki ruang menjalankan bisnisnya secara komersial di kancah global.

"Berarti kalau Bulog punya beras di Kamboja, kalau kita butuh kita ambil, kalau kita enggak butuh ya trading aja ke internasional," katanya.

Dia menyebutkan, rencana akuisisi itu masih dalam proses diskusi dan konsultasi dengan pihak Kedutaan Besar di sana lantaran faktor finansial seperti pembiayaan dan akses kredit perbankan di Kamboja masih jadi pertimbangan.

Dengan demikian, Bayu masih belum bisa memastikan bentuk investasi yang akan ditanamankan Bulog di Kamboja.

“Belum, karena ini masih proses, masih diskusi. Saya sedang konsultasi dengan kedutaan besar kita di sana, kita konsultasi dengan bank, bahwa financing-nya bagaimana. Bulog memang punya akses kredit ke Bank Indonesia seperti BNI atau BRI. Nah di sana kan belum,” katanya.

“Jadi hal-hal semacam itu masih banyak detail yang harus dilakukan dan ini bukan pekerjaan jangka pendek. Bukan pekerjaan dalam hitungan minggu,” ucap Bayu.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo memerintahkan Perum Bulog untuk mengakuisisi sejumlah sumber beras di Kamboja.

Menurut Presiden, perintah tersebut sama halnya dengan permintaannya untuk mengakuisisi perusahaan penghasil gula dan etanol dari Brasil yang berorientasi kepada bisnis.

"Ini juga sama. Itu proses bisnis yang akan dilakukan oleh Bulog sehingga memberikan kepastian stok cadangan beras negara kita dalam posisi stok yang aman," ujar Jokowi saat memberikan keterangan pers usai menghadiri peringatan HUT ke-52 Hipmi di Senayan, Jakarta, Senin (10/6/2024).

https://money.kompas.com/read/2024/06/21/131400026/soal-akuisisi-sumber-beras-di-kamboja-bos-bulog-jamin-tak-ganggu-penggilingan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke